Apa yang terjadi jika hal dalam anime Psycho Pass bisa dikembangkan dalam dunia nyata untuk mencegah kejahatan?

Well, Kepolisian Inggris sudah mulai melakukan penilitian & pengembangan kercedasan buatan mereka yang cara kerjanya hampir sama dengan apa yang ada di dalam anime Pyscho Pass lho!. Dikutip dari situs New Scientist melalui ANN, mereka sedang mengembangkan sistem yang bernama “National Data Analytics Solution” atau yang disingkan dengan “NDAS“. Dimana dalam sistem ini menggabungkan teknologi AI dan basis data statistik dari polisi lokal, serta tujuannya untuk menandai setiap individu yang dimana akan melakukan kejahatan.

Dikutip dari Ian Donelly (selaku pemimpin proyek ini) mengatakan, mereka telah mengumpulkan data lebih dari satu Terabyte dari awal fase pengembangan proyek yang juga termasuk dengan data kejahatan yang mereka lakukan. Sistem ini sendiri sudah dapat menidentifikasi hingga 5 juta orang.

Artikel Terkait :  'Virtual Reality Headset' Hadir di PS4

Namun, sistem ini memerlukan setidaknya perangkata lunak yang dapat memonitor hingga 1,400 indikator data untuk memprediksi tindak kejahatan baik secara individu maupun perorangan. Proyek ini sendiri untuk menambah sumber daya polisi secara lebih efektif. Proyek prototype dari sistem ini masih dikembangkan hingga Maret 2019, dengan harapan agar setiap kekuatan lini polisi yang ada di Inggris bisa menggunakannya.

Meskipun pihak polisi sudah berkerja sama dengan biro pengawasan data dari kantor komisi informasi Britannia Raya untuk memastikan NDAS memenuhi peraturan privasi, namun kritik sudah bertebaran dari berbagai kalangan. Dari yang mengenai masalah etiket yang serius hingga bias terhadap golongan etnis tertentu.

Menurut saya sendiri selaku penulis, sebetulnya tidak terlalu terkejut mengenai hal ini dan semakin hari juga semakin banyak saja perkembangan teknologi yang mulai mengambil konsep ide dari anime (baik secara sadar maupun tidak sadar).

 

 

Source: Anime News Network