Siapa yang gak kenal dengan Sushi sih, makanan yang menjadi ciri khas negara Jepang ini sangat popular dikalangan masyarakat di Indonesia juga loh. Namun selain sushi ada beberapa makanan Jepang yang sangat unik, dari yang sehat hingga yang tak masuk akal atau bisa dibilang aneh. Nah, kita punya 7 makanan Jepang yang mungkin belum pernah kalian ketahui atau makan nih, yuk simak..

  1. Natto

Yang pertama ada natto yaitu hidangan fermentasi dari kacang kedelai dengan tekstur yang agak berlendir dengan aroma yang sangat berbeda. Biasanya, Natto dimakan sebagai lauk dengan nasi untuk sarapan. Walaupun terlihat aneh namun Natto ini adalah hidangan yang kaya akan probiotik dan mempunyai manfaat yang luar biasa.

  1. Basashi

Basashi yang secara harfiah bisa diartikan dengan “Sashimi Kuda” adalah hidangan yang mirip dengan sashimi namun bukan menggunakan daging ikan melaikan daging kuda mentah. Ada banyak daerah di sekitar Jepang di mana basashi dianggap sebagai makanan lezat. Oleh karena itu ada sejumlah cara untuk menikmatinya, yaitu disajikan dalam keadaan dingin dan dinikmati dengan sedikit kecap seperti sashimi pada umumnya.

  1. Ika Ikizukuri

Ika Ikizukuri adalah cumi segar yang begitu segar sehingga kalian dapat merasakan tentakelnya bergerak-gerak menggelitik di bagian dalam mulut saat dimakan. Istilah Ika Ikuzukuri mengacu pada gaya memasaknya, di mana makanan laut tersebut dibunuh sebelum disajikan. Meskipun bagian kepala dan otaknya telah dikeluarkan dari tubuhnya, namun sarafnya masih aktif dan bereaksi terhadap shoyu karena pada shoyu mengandung garam yang menyebabkannya bergerak seolah-olah masih hidup.

  1. Age Gobo

Kali ini makanan yang lebih umum di Jepang yaitu Age Gobo. Gobo atau akar dari burdock adalah sayuran akar yang berasal dari Jepang dan cukup banyak ditemukan di masakan Jepang. Setelah dirobek menjadi tipis dan panjang, akarnya dilapisi adonan tempura dan digoreng. Age Gobo memiliki rasa gurih seperti kentang atau ubi. Age Gobo juga bisa menjadi alternatif untuk makanan gorengan rendah kalori juga loh.

Artikel Terkait :  Pasangan Ayaka dan Mizushima Hiro Umumkan Anak Pertamanya

  1. Yakisoba Pan

Yakisoba Pan, makanan yang satu ini aneh tapi biasa saja, lho kok?. Yakisoba Pan adalah hidangan mie goreng biasa yang digabungkan dengan roti sebagai tempatnya. Yakisoba Pan juga bisa dijadikan sebagai makanan ‘penghibur utama’ bagi mereka yang terkendala oleh rasa takut akan karbohidrat. Yakisoba Pan juga mudah dibeli di berbagai toko dan sangat cocok untuk dijadikan cemilan saat pulang malam hari.

  1. Uni

Uni adalah landak laut, meskipun tidak banyak terlihat namun pastinya lezat. Jika kalian belum mencobanya, uni menawarkan citarasa asin yang tidak berbeda dengan yang lainnya. Rasa yang sedikit asin dan sedikit manis, dengan tekstur yang sedikit halus. Walau teksturnya bisa membuat tidak nyaman untuk sebagian orang, tapi bagian krim custardnya ini adalah bagian yang membuat sebagian orang sangat menyukai makan ini.

  1. Kare Pan

Sama seperti Yakisoba Pan, Kare Pan adalah makanan ciptaan Jepang lainnya yang sangat berbeda. Kare Jepang yang merupakan hidangan nasional yang paling dinikmati, sedikit manis dan tidak pedas dibandingkan dengan Kare Asia dan India. Kare Pan adalah roti gulung goreng seperti donat yang diisi dengan Kari cair. Kare Pan bisa ditemukan diberbagai pedagang kaki lima selama festival atau di warung kecil di sekitar kota maupun di toko Jepang sana.

Nah dari ke 7 makanan diatas mana yang paling enak menurut kalian? Yuk komentar dibawah 🙂