Di Jepang, sangat mudah sekali untuk menemukan Vending Machine, entah itu di setiap gedung, di tempat bermain, di stasiun, dan di mana pun, kita tidak pernah kesulitan untuk menemukannya, bahkan di pedesaan pun di dekat gang-gang kecil juga ada lho!.

Yang jadi pertanyaannya, kenapa sih ada banyak banget Vending Machine di Jepang?

Nah, kita akan merangkum 5 alasan kenapa banyak banget Vending Machine di Jepang, cekidot~:

1. Jepang Aman

Pasti kalian pada setuju deh, Jepang termasuk negara yang aman. Sebagian banyak Vending Machine di Jepang diletakkan di ruang publik seperti di taman, trotoar bahkan di tempat terpencil juga ada.

2. Praktis

Jepang sangat terkenal dengan jam kerjanya yang panjang dan banyak juga orang yang bekerja lembur setiap harinya. Saking sibuknya, bahkan sampai tidak punya waktu untuk pergi ke toserba terdekat, oleh karena itu Vending Machines menjadi solusi yang sangat praktis untuk orang-orang sibuk seperti mereka.

3. Semua Orang bisa memiliki vending machines

Nah, alasan ini yang gak banyak diketahui oleh orang-orang, tetapi pada dasarnya masing-masing orang dapat mengajukan permohonan untuk membuat Vending Machines sendiri. Setelah aplikasi disetujui oleh perusahaan manajemen, si pemohon akan membayar biaya pemasangan sebesar 10.000 yen.

Jika lokasi atau tempat yang dipilih untuk Vending Machines itu strategis, maka ini bisa jadi bisnis yang menguntungkan dan beberapa orang telah melakukan ini sebagai pekerjaan sampingannya. Yaa, ibarat kaya franchise lah gitu~

4. Pemeliharaan Mesin yang Sangat Baik

Tong sampah untuk botol dan kaleng dipasang langsung di mesin penjual otomatis atau tepat di sebelahnya. Namun, semakin banyak mesin penjual otomatis, semakin banyak tempat sampah yang perlu dikosongkan. Oleh karena itu ada perusahaan khusus yang membantu untuk perawatannya dan memastikan bahwa tidak ada sampah yang berserakan dan mengambil sampah secara teratur serta melakukan semua jenis tugas terkait pemeliharaan lainnya. Dengan sistem yang seperti ini maka seluruh pemeliharaan Vending Machines akan sangat baik.

Artikel Terkait :  Funassyi Hadir di CNN dan Membuat Pembaca Berita Kristie Lu Stout Tertawa

5. Harganya yang Terjangkau

Walaupun beberapa dekade lalu harga minuman di Vending Machines bisa dibeli dengan harga satu koin saja, namun saat ini kenaikan harga karena pajak yang juga naik tidak mengakibatkan kenaikan harga yang signifikan. Beberapa minuman kopi masih seharga 130 yen sedangkan jus ukuran 500ml atau teh hijau seharga 160 yen. Selain keunggulan harga yang masih terjangkau, pembeli juga tidak perlu antri di kasir dan bahkan sudah ada beberapa Vending Machines yang menawarkan pembayaran dengan menggunakan uang elektronik, jadi tinggal gesek atau tap deeh~

 

Nah, gimana kalau ini diterapkan di Indonesia ya? Bisa aja sih sebenarnya, tapi kita harus sadar diri dulu untuk membuang sampah kaleng pada tempatnya, jangan main asal buang saja. Dan misalnya kalau tong sampahnya penuh, bisa disimpan dulu dan cari tong sampah disekitar yang masih kosong, intinya sih ya kesadaran diri dulu yaaa yang paling utama~ 😊