Kazu

Foto: Kazu-san (Facebook)

Pernah denger lirik ini?

“Malu buang sampah semnbarangan, Malu buang sampah sembarangan, Keren buang sampah pada tempatnya…”

Lirik tersebut merupakan penggalan lagu dari “Osoji Yuk!” yang diciptakan oleh laki-laki berkebangsaan Jepang, Kazu Hayashi. Lahir pada 9 Mei, lelaki yang akrab dipanggil Kazu-san ini yang menciptakan lagu Osoji Yuk! loh!

Ternyata, Kazu-san sudah tinggal di Indonesia selama 17 tahun lho, J-Friends! Sugoi! Alasan Kazu-san sendiri adalah ingin menggabungkan lagu Jepang dengan lagu Indonesia. Kazu-san yang sudah akrab dengan dunia musik memulai karirnya saat di bangku SMA dengan membuat sebuah band. Ketika menjadi mahasiswa, Kazu-san juga berkarir di dunia musik, tepatnya di Tokyo. Pada 1987, Kazu-san mulai membuat rock band bernama Degrees dan malang melintang selama 2 tahun di Tokyo. Di tahun 1988, Kazu-san memulai debutnya untuk komposer dari perusahaan Victor Music, untuk membuat jingle dan lagu untuk artis baru selama 3 tahun. Pada 1991, Kazu-san menjalani solo live di Tokyo selama 5 tahun lebih.

Nah, pada 2003 Kazu-san hijrah ke Indonesia dan memulai live bersama composer di Indonesia nih, J-Friends!

Yuk kita sesi tanya jawab dengan Kazu-san :

Lagu coveran dari penyanyi atau band Indonesia yang pertama kali Kazu-san bawakan di Indonesia?

“Lagu-nya ada I Will Fly by Ten to Five dari Show Jakarta Culture Club, Cinta ini Membunuhku oleh D’Masiv, bisa diakses di youtube Kazu Jakarta, ada juga lagu dalam bahasa Jepang yaitu 11 Januari by Gigi dan Munajat Cinta-nya The Rock.”

Apakah Kazu-san punya band atau penyanyi favorit di Indonesia?

“Saya suka J-rocks, Ten to Five, Nidji, Zivilia. Melodinya bagus. Selain itu, mereka suka budaya Jepang dan ketika saya mengobrol dengan mereka orangnya baik sekali.”

Apa lagu Indonesia yang Kazu-san suka?

“J-rocks, Kau Curi Lagi karena saya suka dengan baris melodinya. Ten to Five, I Will Fly karena saya sudah sering berduet dengan Ibu Amel, Nidji dengan Biarlah dan Laskar Pelangi, Afgan dengan Terima Kasih Cinta, Cakra Khan dengan Harus Terpisah, dan Zivilia dengan Aishiteru.”

Sudah berapa banyak lagu Indonesia yang Kazu-san cover dan dibawakan selama event-event di Indonesia?

Artikel Terkait :  'Persona 4: The Ultimax Ultra Suplex Hold' Hadir di Konsol Playstation di Musim Panas Ini

“Sudah lebih dari 10 lagu.”

Pernah berduet dengan siapa sajakah Kazu-san selama di Indonesia?

“Sudah dengan Ibu Imel dari Ten to Five dan Iman dari J-Rocks. Pada saat saya berduet dengan Iman, saya membantu mengganti lirik bahasa Indonesia ke bahasa Jepang dari lagu J-Rocks. Kira-kira 3 tahun yang lalu.”

Apakah ada rencana untuk membuat single atau album sendiri?

“Ya ada. Rencananya mau membuat lagu dangdut untuk ProjktH2. ProjktH2 itu adalah penyanyi yang menyanyikan Jakarta Ondo. Beranggotakan Ninja Hattori dan saya sendiri. Dangdut sendiri nanti dijadikan second single pada September nanti.”

Apa harapan Kazu-san mengenai lagu-lagu di Indonesia?

“Saya ingin membuat lagu anak-anak, di mana ada rasa senang dan perasaan gembira untuk menyanyikan lagu tersebut. Belum ada banyak lagu seperti itu atau lagu untuk keluarga.”

Nah, bener ya. Lagu anak-anak sudah jarang sekali nih di Indonesia.

Selain itu, Kazu-san sudah berkecimpung diberbagai event seperti di mall, Universitas, dan Matsuri yang ada di Jakarta, Bandung, serta Balikpapan. Kalau di Jakarta, beliau sudah tidak asing lagi di Ennichisai Blok M dan Jak-Japan Matsuri. Beliau juga muncul di film dan commecial break seperti Nagabonar Jadi 2, Happy Show, serta Mirai Ocha.

Bagi J-Friends yang penasaran dengan Kazu-san, bisa memperoleh CD-nya di Supermarket Papaya. Atau dengerin lagunya Kazu-san di Japanese Music Radio di sesi #JIndoinJMusicID setiap Minggu jam 4 sore 🙂

Follow juga akun Twitter, SoundCloud & YouTubenya di:

Twitter: @KazuJakarta
Souncloud : https://soundcloud.com/kazu-jakarta
Youtube : https://www.youtube.com/channel/UCPXXgCx7sxvJa6R7mAVte1w