Japanese Music ID – Jakarta. Cosplay cafe kini bukan lagi sebuah hal yang baru di Indonesia, khususnya di wilayah Jabodetabek. Cosplay yang biasanya sering ditemukan hanya di event-event tertentu kini bisa dilakukan di berbagai tempat salah satunya adalah dalam sebuah acara cosplay cafe. Melihat gencarnya komunitas cosplay yang terus berkembang khususnya di wilayah Jakarta, Yggdra Cosplay Cafe pun dibentuk dan mempersembahkan sebuah acara yang tidak hanya berisi cosplay cafe saja, namun juga sebuah mini-event dengan rangkaian kegiatan yang tidak kalah seru dari cosplay cafe.

Pada tanggal 27 Januari 2018, komunitas Yggdra Cosplay Cafe menyelenggarakan sebuah mini-event bertajuk IsekaiFes yang terdiri dari berbagai acara mulai dari workshop, community gathering, turnamen game, hingga cosplay cafe IsekaiCafe. Pada awalnya acara ini memang direncanakan hanya dengan konsep sebuah cosplay cafe saja. Namun untuk menghadirkan sesuatu yang beda, Yggdra Cosplay Cafe menyatukan sebuah mini event dengan cosplay cafe.

Ada berbagai hal seru yang bisa dilakukan oleh para pengunjung di acara IsekaiFes ini, salah satunya adalah cosplay photosession event. Melihat bahwa photosession kini telah menjadi suatu “kewajiban” yang ada dalam hobi cosplay, dan didukung dengan semakin banyaknya fotografer berbakat yang ada di berbagai komunitas cosplay, Yggdra Cosplay Cafe menghadirkan sebuah cosplay photosession event. Dalam acara IsekaiFes ini Yggdra Cosplay Cafe mengundang seluruh cosplayer dari seluruh kalangan untuk melakukan photosession bersama para fotografer berbakat dalam acara ini.

Kegiatan cosplay photosession event ini diadakan secara gratis tanpa biaya pendaftaran. Cosplayer bisa melakukan photosession bersama para fotografer di berbagai spot yang telah disiapkan yaitu di kafe Nampan Bistro, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Untuk melakukan photosession gratis ini cosplayer hanya perlu membawa properti dan kostum yang diperlukan. Saat acara berlangsung akan ada beberapa fotografer professional yang ditempatkan di berbagai spot foto yang ada di venue. Nantinya para cosplayer bisa langsung menghampiri fotografer di masing-masing spot untuk melakukan foto.

Ada 2 konsep utama foto yang bisa dilakukan dalam photosession event di mini event IsekaiFes ini. Bagaikan kisah anime Isekai yang selalu menampilkan dua sisi dunia yang benar-benar berbeda, dalam acara ini Yggdra Cosplay Cafe menyediakan spot foto yang terbagi dalam 2 konsep foto berbeda yaitu traditional-vintage dan simplistic-modern. Cosplay Photosession Event ini dibuka mulai dari pukul 09.00 pagi hingga pukul 12.00 siang untuk konsep traditional-vintage, sedangkan untuk spot foto simplistic-modern dibuka dari pukul 10.00 pagi hingga pukul 17.00 sore pada saat acara IsekaiFes berlangsung. Untuk photosession event ini Yggdra Cosplay Cafe juga menyediakan add-on berupa set menu paket makanan seharga Rp50.000.

Selain cosplay photosession event, dalam acara IsekaiFes ini juga akan digelar workshop menarik seputar cosplay. Ada 2 workshop cosplay yang diselenggarakan dalam acara ini yaitu workshop make-up cosplay dan workshop fotografi cosplay. Pemateri untuk workshop make-up cosplay adalah Feliza Farhana, seorang cosplayer yang juga dikenal sebagai beauty blogger berbakat. Selain itu untuk workshop fotografi cosplay akan dibawakan oleh Archie Kwa, fotografer cosplay professional pendiri Bluemoon Studios.

Feliza Farhana atau biasa dikenal dengan nama panggungnya Ritsuka adalah seorang Beauty Blogger yang berdomisili di Jakarta. Ritsuka memulai awal debutnya sebagai Cosplayer pada tahun 2008. Ia pernah mengcosplaykan beberapa karakter salah satu diantaranya yang paling iconic menurutnya adalah Kanata Hoshikawa dari Culture Japan.

Dari mulai hobi bercosplay tersebut, ia menjadi tertarik untuk mempelajari Make-Up tiap karakter yang akan diperankannya dan pada tahun 2013, ia memulai menjadi seorang Beauty Blogger dan Make-Up Artist sampai saat ini.

Pada acara Isekai Cafe nanti, Ritsuka akan mengadakan workshop tentang Long Wearing Make-Up yaitu pengetahuan tentang Make-Up yang bisa dipakai untuk kebutuhan bercosplay, berpesta, maupun Graduation. Selain itu, ia juga nanti akan memberikan tips Skin Care dan bercerita pengalamannya menekuni di bidang Make-Up Artist.

Berbagai tips dan tulisan-tulisan mengenai dunia kecantikan dari Feliza Farhana bisa diikuti langsung melalui blognya yang beralamat di felihana.blogspot.com. Selain itu ia juga cukup aktif membagikan tips make up dan cosplay dalam akun Instagramnya di @ritsundere.


Archie Kwa adalah seorang Photographer Cosplayer yang berdomisili di Jakarta, Indonesia. Archie sudah melakoni dunia fotografi dari tahun 2009. Alasan ia memulai pekerjaan di bidang fotografi adalah karena dulunya ia pernah mengikuti klub fotografer pada masa waktu sekolahnya sehingga tertariklah ia menjadi seorang fotografer dan waktu demi waktu sampai sekarang menjadi salah satu fotografer yang cukup dikenal di kalangan cosplayer dari dalam negeri sampai di luar negeri.

Baca Juga:  Indonesia Toy, Game & Comic Convention (ITGCC) Siap Menghibur Penggemar di Indonesia

Archie pernah memenangkan beberapa perlombaan foto bergengsi, salah satu prestasi terbaik menurut beliau yaitu saat memenangkan Juara pertama di perlombaan Foto Behind The Scene Cosplay Photography yang diadakan oleh Event Cosmart di Malaysia pada tahun 2017 dan ia juga memenangkan juara pertama di perlombaan Foto Cosplay yang diadakan oleh Event Comic Fiesta yang bekerja sama dengan Canon di Malaysia pada tahun 2017.

Archie juga adalah pemilik dari salah satu studio foto khusus cosplay yang cukup terkenal di Jakarta yaitu Bluemoon Studios. Studio ini memiliki satu tema ruangan khusus yang ditujukan untuk kebutuhan background dan tema para cosplayer salah satunya seperti Ruangan Kelas seperti di Jepang, Ruangan bernuansa Jepang, dan beberapa tema lainnya. Informasi lebih lanjut mengenai studio foto ini bisa dicek dalam laman Facebook yang beralamat di: https://www.facebook.com/bluemoonjkt/

Pada acara Isekai Cafe nanti, Archie akan mengadakan workshop tentang peran Lighting dalam Fotografi serta Tips untuk para fotografer saat memfoto model di suatu Event.


Jadi, bagi yang tertarik ingin menambah ilmu tentang fotografi terutama Make-up dan fotografi cosplay, kalian bisa datang ke acara Iseikai Cafe by Yggdra Cosplay Cafe pada hari Sabtu, 27 Januari 2018 di Nampan Bistro Pasar Minggu pada pukul (?) dan yang paling penting, Workshop ini tidak dipungut biaya alias Free HTM! Tunggu apalagi, langsung saja datang ke acara ini ya!

Tidak sebatas workshop dan photosession event saja, hal seru lainnya yang ada di acara IsekaiFes ini adalah Game Tournament. Untuk acara ini Yggdra Cosplay Cafe bekerjasama dengan komunitas game Capital mengadakan turnamen mobile game AOV (Arena of Valor). Turnamen resmi yang telah disetujui oleh Garena ini dilakukan dengan format VOCC (Valor Community Challenge) ini menggunakan aturan pertarungan tim 5 vs 5.

Turnamen game ini bisa diikuti oleh para pemain AOV secara gratis. Pendaftaran turnamen game ini masih dibuka secara online di: https://goo.gl/forms/hqyxKbtZ3Qdfqet43 . Pemenang turnamen ini akan mendapatkan in-game voucher langsung dari pihak Garena selaku official publisher game AOV di Indonesia.

Disamping berbagai kegiatan seru, dalam acara IsekaiFes ini juga akan hadir beberapa komunitas kreatif yang tidak kalah seru. Salah satu komunitas yang akan hadir di acara ini adalah Itasha Indonesia, sebuah komunitas otomotif unik yang memadukan hobi anime dengan hobi otomotif dalam satu wadah baru. Selain itu ada juga komunitas fotografer cosplay dan komunitas cosplay dari Bogor yang ikut meramaikan acara ini untuk berbagi ilmu dan pengalaman seputar dunia cosplay. Komunitas kreatif lainnya yang hadir dalam acara ini adalah Doujin Dalam Botol, sebuah lingkar kreatif yang menaungi salah satu komik strip fenomenal di Indonesia yaitu Ghosty’s Comic.

Terakhir tidak lupa pula acara utama dari rangkaian IsekaiFes ini yakni cosplay cafe IsekaiCafe. Cosplay cafe ini menghadirkan konsep perpaduan story-telling dengan cosplay untuk menciptakan sebuah pengalaman baru dalam cosplay cafe. Seperti namanya, cosplay cafe ini mengangkat berbagai karakter perempuan dari anime bertema Isekai sebagai maid. Reservasi cafe ini masih dibuka secara online di: http://bit.ly/2myPIJh .

Hadirnya beragam acara Cosplay Cafe di berbagai tempat menunjukkan bahwa mulai ada alternatif baru dalam acara cosplay di Indonesia, dan kami ingin turut serta berpartisipasi dalam membangun komunitas cosplay dengan mengadakan acara Cosplay Cafe yang dipadukan dengan mini-event. Para pengunjung bisa mengunjungi mini-event ini secara gratis tanpa HTM, namun untuk Cosplay Cafe kami menggunakan sistem reservasi. Perpaduan acara Cafe dengan mini-event ini kami buat agar bisa merangkul berbagai penggemar dan komunitas cosplay yang ada di Jakarta.” ujar Yuru Akiyama, founder komunitas Yggdra Cosplay Cafe.

Acara IsekaiFes ini diselenggarakan pada hari Sabtu, tanggal 27 Januari 2018 yang bertempat di Nampan Bistro, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Selain IsekaiCafe yang membutuhkan reservasi berbayar, seluruh rangkaian acara ini diselenggarakan gratis tanpa tiket masuk. Untuk anda yang merasa butuh tantangan baru, ayo pergi ke Isekai bersama kami di acara IsekaiFes!

Ennokia & Yukitora