“Haruno Sora” by Lavie @ Pixiv

Pada hari Kamis (12/7) kemarin, Yamaha telah merilis update terbaru untuk software voice synthertizer VOCALOID miliknya dalam generasi ke-5. Dalam generasi kelimanya ini, Yamaha memberi penambahan seperti pada audio effect yang mempunyai 11 macam serta singing style yang lebih dari 100 macam dan Yamaha juga telah melengkapi software editornya dengan library pharse untuk mempermudah para pengguna dalam membuat lagu yang sedang mereka kerjakan.

Masih banyak lagi penambahan untuk editor versi baru ini. Lalu untuk masalah suara yang dihasilkan, menurut penulis ada sedikit perbedaan jika dibandingkan dengan Vocaloid 4 yang dimana ada sedikit peningkatan dibagian dependasi suara dan hentakan suara yang dihasilkan namun harus agak sedikit mengurangi bagian clearance suara yang dihasilkan. Dalam paket penjualan versi kelima Vocaloid ini, Yamaha mem-bundling editornya dengan 2 varian berbeda, varian pertama yaitu Standard Edition hadir dengan 4 voicebank terbaru yaitu 2 voicebank berbahasa Inggris (Amy & Chris) dan 2 voicebank berbahasa Jepang (Kaori & Ken). Sementara varian kedua, yaitu Premium Edition hadir dengan total 8 voicebank 4 dari versi Standard ditambah 4 voicebank lain yaitu CYBER DIVA II , CYBER SONGMAN II , VY1 & VY2.

Narutal Edition (Kiri) – Cool Edition (Tengah) – VOICEROID2 (Kanan) (Copyright: AHS Co. Ltd)

Sementara perusahaan AHS Co. Ltd dihari yang sama, juga merilis Vocaloid terbaru mereka bernama Haruno Sora (yang diisi suaranya oleh Kikuko Inoue) sejalan untuk membangun VOCALOID5 ini.

Artikel Terkait :  Restoran Bertema Hatsune Miku Dibuka di Cina

Vocaloid buatan AHS ini sempat terpampang di website Amazon Jepang sehari sebelum peluncuran VOCALOID5. AHS sendiri membuat 4 versi dari Haruno Sora dan salah satunya adalah Voiceroid. Vocaloid Haruno Sora akan dirilis pada akhir bulan Juli ini tepatnya pada tanggal 26 Juli dengan harga:

  • Natural Vocal : 11.664 Yen (sekitar Rp. 1.570.000)
  • Cool Vocal : 11.664 Yen (sekitar Rp. 1.570.000)
  • Complete Edition (Natural & Cool Vocal): 19.224 Yen (sekitar Rp. 2.595.000)
  • VOICEROID2 : 12.938 Yen (sekitar Rp. 1.740.000)

 

 

Source: Official Web Vocaloid, Vocaloid News Network