Di Jepang banyak sekali terdapat restoran yang menjual aneka ramen. Namun hanya di Kipposhi yang letaknya di pusat kota Tokyo yang menjual Blue Ramen (Ramen Berwarna Biru). Kipposhi adalah restoran ramen yang cukup baru, terletak di Oshiage, di tengah-tengah kawasan wisata populer di Asakusa dan Tokyo Skytree. Sang pemilik restoran ini bernama Koizumi, dia berharap setiap orang akan datang ke restorannya untuk mencicipi semangkuk ramen lezat. Dia juga percaya pada seni ramen dan dia membawa seni ini ke tingkat berikutnya.

Salah satu menu andalannya adalah Blue Ramen, berkat postingannya di Instagram pada Januari 2017 lalu, keesokan harinya ada sebuah artikel yang membahas tentang Blue Ramen di Jepang dan kemudian menjadi ramai diperbincangkan oleh masyarakat Jepang di Instagram.

Koizumi sang pencipta Blue Ramen terinspirasi karena ia ingin menciptakan sesuatu yang indah seperti yang terinspirasi oleh Laut Hawaii.

Ramen biru menggunakan kaldu ayam sebagai dasarnya. Untuk membuat ramen yang terlihat seperti akan mengingatkan pada lautan, dasar sup ramen harus dibuat jelas. Tapi, jika mendidihkan kaldu ayam dengan panas yang tinggi, maka akan menjadi keruh. Untuk menghindari hal ini terjadi, Koizumi menggunakan teknik dari China yang disebut “Chintan“. Sup ayam direbus bersama daging cincang lalu daging cincang mengumpulkan partikel yang membuat sup keruh. Setelah daging dikeluarkan, yang tersisa adalah sup yang jernih dengan rasa daging yang lembut.

Baca Juga:  Minuman Cola Bercampur Dengan Kopi, Gimana Rasanya ya?

Penasarankan sama Blue Ramen kaya gimana? Kalau kalian berkunjung ke Tokyo jangan lupa mampir ya, dan bagi kalian yang sedang menjaga pola makan, tenang saja karena Blue Ramen ini Low Fat lho!

 

source : matcha-jp