Siapa sih yang tidak tahu dengan keindahan yang ada di Negara Matahari Terbit (Jepang), salah satu keindahan yang selalu saja memikat hati para wisatawan ialah bunga Sakura. Di tahun 2017 sudah watunya memikirkan liburan ke Jepang, selain harga yang mulai bersaing, para wisatawan juga bisa loh backpackeran kesana, kali ini ada beberapa tips untuk para wisatawan Indonesia yang ingin ke Jepang yuk disimak :

  1. Menyusun Itinerary ke Jepang

Hal paling penting saat ingin liburan adalah menyusun itinerary atau rencana kegiatan dan budget yang akan diperlukan. Kalian juga harus menentukan berapa lama di Jepang dan lokasi mana saja yang ingin dituju. Semakin lama liburannya, maka pasti akan semakin besar budget yang harus dikeluarkan.

Lalu, apa saja sih yang harus dicantumkan pada itinerary? Nah kalian bisa mencantumkan tanggal, waktu, area, tempat menginap, tempat wisata di Jepang, transportasi, tarif atau biaya masuk, sistem pembayaran dan detail aktivitas lainnya.

  1. Cek Transportasi

Setelah kalian menyusun itinerary, kalian juga harus memastikan transportasi yang harus dipilih untuk ke tempat tersebut. Contohnya, saat ingin ke Osaka dari Tokyo naik kereta dan berapa biayanya.

  1. Cek Musim

Ini juga hal yang penting yang harus diketahui karena setiap bulannya pasti akan berbeda-beda cuaca dan musim di Jepang. Dengan mengetahui prakiraan cuaca, kita bisa nih menyusun itinerary yang sempurna. Selain itu juga bisa membantu untuk mempertimbangkan banyak hal, salah satunya adalah pakaian yang harus dibawa, membawa payung atau jas hujan, dan tentu saja membantu menentukan lokasi wisata.

  1. Menyiapkan Budget

Selain menyiapkan budget wajib yang dibutuhkan pada itinerary, seperti tiket pesawat, tempat menginap, makanan sehari-hari, transportasi dan tiket wisata berbayar. Selain itu kalian juga harus menyiapkan budget tambahan untuk berbelanja, dan biasa berupa cash atau non tunai (credit card). Mempersiapkan uang yen juga sangat dibutuhkan untuk keperluan mendadak jadi jangan lupa ya untuk menukar Rupiah kalian ke Yen sebelum berangkat ke Jepang.

  1. Booking atau Pesan
Baca Juga:  Channel YouTube "Life Where I'm From", Mari Jelajahi Jepang bersama Anak-anak!

Jangan lupa juga untuk booking dan memesan semua keperluan di Jepang, seperti hotel, tiket kereta, bus, dan pocket wifi. Untuk booking hotel biasakan untuk tidak menunda proses pemesanannya, Karena semakin mendekati hari H, banyak hotel murah yang telah dipesan orang lain.

  1. Memilih Koper atau Backpack?

Dibagian ini juga sangat mempengaruhi, memilih koper atau backpack. Jika kalian memutuskan untuk membawa backpack, pastikan bahwa barang yang dibawa benar-benar minim dan tak memberatkan. Jika kalian ingin membawa banyak barang ke Jepang dan tujuan wisata di kota-kota besar dan ingin membawa oleh-oleh dalam jumlah banyak, sangat disarankan untuk membawa koper.

  1. Checklist Barang Bawaan

Nah ini adalah tips terakhir, jangan lupa untuk checklist barang yang akan dibawa nanti. Seperti dokumen (paspor, visa, tiket pesawat), gadget untuk mendokumentasikan liburan kalian, obat-obatan, pakaian dan kebutuhan harian. Khusus di musim dingin, pastikan membawa sarung tangan, syal, beanie, kaos kaki tebal, jaket, sepatu boots, dan masker. Boleh juga membawa penutup telinga.

Gimana, sudah cukup jelas belum sebelum kamu jalan-jalan ke Jepang? Nah buat yang gak mau pusing mikirin harus kemana ke Jepang, kita punya partner baru untuk menemani kamu sekaligus menyusun perjalanan wisata kamu ke Jepang yaitu “DonDon J-Travel” yang bisa kamu akses di situs travel.dondonshop.tokyo.

DonDon J-Travel adalah sebuah startup dibawah naungan Japanese Music ID Group untuk perjalanan wisata ke Jepang.