Gambar: Google

Japanese Music ID – Buat kamu yang suka sama Jejepangan, suka juga gak nih sama makanannya? Nah makanan yang satu ini adalah makanan sejuta umatnya fans Jejepangan yang ada di Indonesia, yup! カレー (Kare/Curry). Kare gak cuma ada di Jepang, tapi juga ada di India, Inggris, Pakistan dan negara Asia lainnya seperti Malaysia, Thailand, dan Indonesia. Ciri khas kare Jepang adalah kuahnya yang kental karena ditambahkan tepung dalam jumlah yang lebih banyak dibandingkan kare India. OK, sebelumnya kamu harus tahu dulu nih asal mula kare di Jepang.

Kare dikenal oleh orang Jepang pada zaman Meiji setelah Jepang mengakhiri politik isolasi. Kare awalnya adalah makanan Barat yang disajikan untuk pelaut di atas kapal. Kare menjadi populer di Jepang setelah dijadikan ransum di Angkatan Laut Kekaisaran Jepang dan Angkatan Darat Kekaisaran Jepang. Terigu ditambahkan sebagai pengental kuah kari, agar kuah tidak mudah tumpah sewaktu dimakan di atas kapal yang sering dihantam gelombang.

Sayuran untuk kare Jepang sendiri adalah bawang bombay, wortel, kentang, dan kadang-kadang ditambah seledri. Rasa rempah-rempah dalam kare kadang-kadang dilunakkan dengan penambahan apel atau madu. Daging yang biasa digunakan adalah daging babi, daging sapi, atau daging ayam. Di bagian utara dan timur Jepang, daging untuk kare biasanya adalah daging babi.

Di Jepang sendiri, Kare ada macam-macamnya lho! yaitu:

  • Karē-raisu (curry rice), kare daging dan sayur-sayuran (kentang, bawang bombay, dan wortel) yang dikuahkan ke nasi
  • Karē udon (udon kuah kare)
  • Karē pan (roti goreng berisi kare daging cincang)
  • Katsu karē (daging babi goreng bersalut tepung panir dengan kuah kare).
Baca Juga:  Maru Maru, Kafe Kucing di Dalam Kafe Manga

Hmm.. penasaran gimana sih cara bikin Kare itu? Intip dibawah ini ya 🙂

Bahan-bahan:

  • 4 porsi
  • 100 gram Bumbu/Bubuk kari
  • 2 buah Kentang ukuran sedang
  • 1 buah Wortel ukuran besar
  • 1/2 buah bawang bombay ukuran sedang
  • 2 sendok makan Minyak untuk menumis
  • Air secukupnya untuk merebus

Cara membuatnya:

  1. Siapkan bumbu kari yang sudah jadi (kamu bisa membelinya di supermarket)
  2. Potong daging sapi menjadi dadu, masak daging sapi dengan minyak di panci hingga daging kecoklatan, kemudian sisihkan.
  3. Potong bawang bombay dan tumis bawang sebentar di panci yang sama.
  4. Siapkan panci, dan masukan wortel dan kentang yang sudah di kupas dan di cuci ke dalam air lalu rebus selama 15-20 menit. (Jangan rebus terlalu lama karena membuat rasa wortel dan kentang jadi tidak enak dan tekstur tidak bagus)
  5. Masak wortel dan kentang hingga mendidih, jika dirasa sudah cukup waktu perebusannya tambahkan bubuk kari dan daging sapinya.
  6. Campur jadi satu lalu masak sampai mengental dan bumbu meresap
  7. Tambahkan garam dan lada selera kamu, dan
  8. SELESAI.. kare siap dihidangkan dengan nasi panas !!

Gimana? gampang kan cara membuatnya? Jadi merasa lapar? langsung aja bikin karenya.. hehehe 😀