Bicara tentang seragam sekolah Jepang, hal pertama yang terlintas di kepala setiap orang pastilah seragam sailor. Tapi, seragam sekolah Jepang jauh lebih luas daripada itu! Ada banyak gaya seragam yang berbeda, dengan rok yang lebih panjang atau pendek, seragam yang terinspirasi seragam militer, seragam berbasis Eropa atau setelan, dan masih banyak lagi. Seragam sailor banyak digunakan saat SMP, sedang di bangku SMA seragam setelan cenderung dipilih.

Bukan rahasia lagi kalau banyak gadis Jepang yang rela bersusah payah untuk masuk ke sekolah dengan seragam terimut di wilayahnya! Bagaimanapun gayanya, mereka semua tetap imut.

se

 

Dasar Seragam Sekolah

Kebanyakan orang Jepang mengenakan seragam sekolah saat SD, SMP, dan SMA.

se1

Siswa TK biasanya terkenal dengan topi berwarna cerah.

Satu aspek penting dalam seragam sekolah adalah mereka berubah sesuai dengan musimnya. Para siswa memiliki seragam versi musim panas dan dingin untuk menyesuaikan dengan udara yang berubah. Biasanya para siswa memilih untuk menambahkan sweater di luar seragam musim panas mereka ketika udara masih terasa dingin.

se3

Saat musim semi dan musim gugur, sweater biasa ditambahkan di luar seragam.

se4

Dua gaya seragam berbeda (kiri untuk siswa SMP dan kanan untuk siswa SMA) dengan berbagai macam versi untuk musim yang berbeda.

Di kehidupan nyata, kebanyakan sekolah tidak menggunakan rok super pendek seperti di dalam drama/film. Selain itu, harga seragam sekolah asli cukup mahal, bisa mencapai $400 – $800.

Baca Juga:  Lengkapi Gayamu dengan Sepatu Kasual A la Evangelion Ini!

 

Tidak Semuanya Dibuat Sama

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, ada banyak gaya seragam sekolah. Ada beberapa seragam yang unik dan pantas untuk mendapatkan perhatian.

se5

Prefektur Aomori: SMA Swasta Touou Gijuku

se6

Prefektur Hyogo: SMP dan SMA Ashiya Gakuen

se7

Prefektur Aomori: SMA Shichinohe

se9

Prefektur Okayama: SMA Tsuyama Shougyou

se10

Prefektur Saitama: SMA Okegawa

se11

Prefektur Aichi: SMA Shukutoku

se8

Prefektur Miyazaki: SMA Houshou

Mana seragam favorit kalian?

 

Source: tokyogirlsupdate