Hallo minna-san, pada artikel kali ini kita akan belajar bagaimana caranya Perkenalan Diri dengan bahasa Jepang. Nah perkenalan ini pas banget buat kamu yang baru pertama kali jalan-jalan ke Jepang nih, yuk langsung aja belajar tata caranya. (Sebagai permulaan, kita belum memakai huruf Kanji, dan di halaman ini menggunakan huruf hiragana).

Artikel terkait: Suka Sama Jejepangan? Belajar Bahasa Dasarnya Dulu Yuk!

Nah kalau gitu langsung disimak kalimat dibawah ini ya! :

 

はじめまして。
(Hajimemashite)

 

わたしは <NAMA> です。
(Watashi wa <Budi> desu.)

 

よろしく おねがいします。
(Yoroshiku onegaishimasu.)

 

Pertama adalah Hajimemashite (はじめまして), Ketika kamu memperkenalkan diri diawali dengan “hajimemashite” yang artinya “Perkenalkan”. Kemudian selanjutnya わたしは <NAMA> です (watashi wa Budi desu) yang artinya (nama saya Budi). Kalimat terakhir untuk perkenalan adalah “yoroshiku onegaishimasu” dimana kalimat ini sangat banyak memiliki arti namun dalam konteks “perkenalan” artinya adalah “senang berkenalan dengan anda“.

Kemudian setelah mengucapkan “Yoroshiku onegaishimasu” kita melakukan Ojigi (おじぎ). Apa itu Ojigi??

Baca Juga:  Yuk Belajar Bahasa Jepang! - Fungsi Partikel "no"

Ojigi adalah salah satu kegiatan dalam budaya orang Jepang untuk melakukan penghormatan bagi orang lain. Sikap membungkuk kan badan ini dilakukan pada saat pertemuan pertama atau perkenalan pertama dengan seseorang atau orang asing.

 

Okaayy~ semoga pembahasan tentang perkenalan dalam bahasa jepang kali ini bisa berguna bagi minna san, ini hanya sebagai contoh perkenalan dasar karena masih ada kalimat lain untuk perkenalan dalam bahasa Jepang. Punya pertanyaan? Silahkan komentar di bawah ya 🙂