Love Live! adalah salah satu franchise (waralaba) anime terbesar di Jepang bahkan dunia. Bagi para fans (khususnya di Jepang), adalah hal yang gampang untuk mempunyai barang-barang resmi dari Love Live! entah itu merchandise langsung dari Love Live! sendiri atau merchandise dari Fans Creator yang mempunyai lisensi dari Love Live! (yang disebut dengan Doujin).

Jepang mempunyai banyak sekali komunitas Doujin dengan penjualan baik itu komik, anime, game, gantungan kunci, kaos, atau barang-barang lainnya yang bisa dijual ke fans Love Live!. Nah, selaku pemegang hak resmi merek dagang Love Live! (termasuk Love Live! Sunshine!!), mereka ingin menghentikan penjualan yang mengatasnamakan Love Live! secara tidak resmi (Illegal Content).

Dikutip dari laman resminya, pihak Love Live! mengeluarkan berita baru yaitu:

Love Live! dan Love Live! Sunshine!! terima kasih telah mendukung kami.

Meskipun telah dilakukan penindakan oleh pihak berwajib untuk merchandise Love Live! & Love Live! Sunshine!! yang melanggar hak cipta, masih saja terus terjual di acara exhibition dan online shop atau menjadi barang hadiah tidak resmi.

Kami akan terus menangani pelanggaran hak cipta ini secara ketat dan menindaklanjuti kebijakan kami untuk tidak mengabaikan terus keluhan yang masuk ke kami terkait merchandise Love Live! asli atau tidaknya.

Mohon berhati-hati untuk membeli barang dengan merk Love Live! diluar sana yang tidak berlisensi. Terima kasih atas dukungan kalian terhadap Love Live! dan Love Live! Sunshine!!

Merchandise dari Doujin yang mengatasnamakan suatu merek tertentu yang diubah sudut pandangnya atau membuat sesuatu dengan merek dagang terentu lalu dijual kembali adalah tindakan kriminal menurut undang-undang hak cipta di Jepang, tapi hanya jika sang pemegang perusahan franchise mengeluarkan keluhan ke pemegang hak cipta.

Artikel Terkait :  Single Terbaru NICO Touches The Walls Dirilis Pada Bulan Maret

Yaaa, setelah para perusahaan franchise Love Live! mengeluarkan permohonan resmi ke label utamanya, mungkin mulai dari sekarang akan kesusahan mencari barang Doujin bertemakan Love Live! di acara-acara exhibition.

Berikut beberapa merchandise franchise resmi Love Live!