Hari ini (18/6) sekitar pukul 07:58 waktu Jepang telah terjadi gempa berkekuatan 6,1 skala richter yang berpusat di bagian utara Prefektur Osaka. Menurut pengamatan, untuk wilayah kota Osaka seperti di Takatsuki dan sekitarnya terjadi gempa berkekuatan 5 skala richter. Di bagian utara Prefektur Osaka, telah terjadi gempa bumi berturut-turut dan memungkinkan untuk adanya gempa susulan, Badan Meteorologi Jepang menghimbau gempa susulan akan terjadi. Gempa berkekuatan 5 skala richter juga terjadi di berbagai kota di Kyoto. Selain itu, gempa berkekuatan 3 sampai 4 skala richter juga terjadi di berbagai bagian kota Kinki, Tokai, Shikoku.

Artikel Terkait :  Banyak Hadiah di '2nd Anniversary Japanese Music ID'

Pada gempa ini tidak ada tsunami yang disebabkan oleh gempa, namun menimbulkan 3 warga meninggal dunia akibat tertimpa benda keras dan berat. Satu gadis berumur 9 tahun tertimpa pagar kolam renang yang roboh, lalu seorang pria di wilayah Ibaraki dan satu pria di wilayah Higashi pun juga meninggal dunia akibat tertimpa benda berat yang jatuh saat gempa terjadi.

Pada pukul 11:30 waktu Jepang kembali terjadi gempa susulan sebanyak 10 kali dengan berkekuatan 2 skala richter yang terjadi sebanyak 3 kali dan 1 skala richter sebanya 7 kali.