Atomic_bombing_of_Japan

Hari ini tepat 71 tahun yang lalu, penduduk Jepang di Kota Hiroshima dan sekitarnya menjadi korban tragedi ledakan bom atom yang dijatuhkan Amerika Serikat. Ledakan dahsyat yang memusnahkan hampir seluruh kota itu menjadi senjata pamungkas AS untuk mengakhiri Perang Dunia Kedua.

Mulanya, yang menjadi sasaran misi bom atom AS adalah Jerman. Namun, berhubung Jerman sudah menyerah pada awal Mei 1945 yang sekaligus mengakhiri Perang Dunia Kedua di Eropa, maka sasaran dialihkan ke Jepang.

Hiroshima menjadi target pertama bom atom, karena dianggap sebagai salah satu pusat logistik bagi pasukan Jepang, yang gigih berperang di Asia Pasifik.

Maka, pada 6 Agustus 1945, AS mengerahkan pesawat pengebom jarak jauh B-29 Superfortress untuk menjatuhkan bom di Hiroshima. Menurut perhitungan AS, senjata pemusnah massal itu meledak pada pukul 8.15 waktu setempat.

Bom atom tersebut berkekuatan setara hingga 15.000 TNT, diameter daya hancur bom itu hingga seluas 13 kilometer persegi. Dan lebih dari 60 persen bangunan yang ada di Hiroshima langsung rata dengan tanah.

Baca Juga:  Kojima Haruna Berubah Menjadi SailorMoon Yang Seksi

Mari kita berdoa supaya seluruh negara di dunia ini menjadi aman dan tenteram.