Japanese Music ID – Kali ini mari membahas tentang macam-macam perbedaan bahasa Jepang Aku dan Kamu, jangan sampai minna san salah menempatkan kata yang akan dipakai kelawan bicara kalian ya.

Saya – Aku

Watashi (わたし/私)

artinya adalah “saya” bisa digunakan untuk laki-laki maupun  perempuan, dan biasanya juga digunakan untuk berbicara dengan lawan bicara yang belum terlalu akrab (fleksibel).

Atashi (あたし)

Biasanya “atashi” digunakan oleh perempuan untuk menunjukan nuansa manis dan imut seorang perempuan.

Boku (ぼく/僕)

Biasanya digunakan oleh laki-laki, namun tidak boleh digunakan saat lawan berbicaranya lebih tua atau lebih tinggi pangkatnya.

Ore (おれ/俺)

Biasanya digunakan untuk menunjukkan rasa gagah dan keberanian dan biasanya digunakan oleh laki-laki. Kata “ore” ini sangat tidak sopan yah minna san, jadi jangan sampai minna san menggunakan kata ini saat berbicara dengan orang tua, guru/dosen atau atasan minna san di kantor. Atau bahasa gaulnya itu “gue”.

Sehabis aku, pasti ada kamu. *Hmm, bukan.. bukan “kamu” tapi kata kamu. 🙂

Kamu – Anda

Anata (あなた)

artinya adalah “kamu” atau “anda” sama seperti halnya “watashi” kata ini bersifat fleksibel namun jika ingin menanyakan sesuatu kepada orang lain lebih baik menggunakan panggilan nama contohnya Budi-san, karena menggunakan kata “anata” untuk bertanya atau berbicara dengan lawan bicara akan memiliki nuansa “Shitsurei” atau kurang sopan. Dalam hal lain kata “anata” juga bisa berarti “sayang/darling” dan biasanya digunakan oleh seorang istri untuk memanggil suaminya.

Baca Juga:  Apa Sih Bedanya Panggilan ~san, ~chan, ~kun, ~sama dan ~dono?

Kimi (きみ/君)

Biasanya digunakan oleh teman sebaya namun jangan memanggil atasan atau orang yang lebih tua dengan kata “kimi” yah, itu jelas sangat tidak sopan.

Omae (おまえ/お前)

Kalau minna san sering nonton anime atau dorama Jepang pasti sering sekali mendengar kata “Omae“, yup kata ini mirip penggunaannya dengan “Ore“. Kata ini menunjukan nuansa kuat dan gagah si pengucap, dan sudah jelas kata ini juga tidak sopan. Atau bahasa gaulnya itu “lu”

Teme (てめ)

Kalau kata yang satu ini minna san harus inget jangan digunakan sembarangan untuk bercicara dengan siapapun lawan bicaranya. Karena kata ini sangat kasar dan biasanya digunakan saat sedang sangat marah terhadap lawan bicara. makna kata “Teme” ini sederajat dengan binatang, makanya minna san harus inget baik-baik dalam penggunaannya ya!. Contoh katanya itu “ねえ!てめ!この野郎! (Nee! Teme! Konoyarou! ; Woi! Njing!, B*ngs*t lu)”