Pada pembahasan kali ini kita akan kasih tahu kalian apa aja sih macam-macam kata untuk minta maaf dalam Bahasa Jepang? Yuk simak dibawah ini:

1. Sumimasen (すみません)

Sumimasen adalah kata yang paling umum dalam bahasa Jepang untuk minta maaf. Sumimasen juga bisa berarti “maaf” atau “permisi” dan dapat digunakan dalam berbagai situasi umum. Sumimasen adalah cara paling umum untuk membuat permintaan maaf untuk orang asing.

Contoh:

  • saat sedang melakukan kesalahan
    – あぁ~すみません、私のせいです (aa~ sumimasen, watashi no seidesu; aah! maaf, itu salah saya)
  • saat sedang ingin minta tolong
    – あの~すみません、ちょっと助けて下さいませんか? (ano~ sumimasen, chotto tasukete kudasaimasen ka?; itu~ maaf, bisa tolong bantu sebentar?)

2. Shitsureishimasu (しつれいします/失礼します)

Shitsureishimasu juga berarti “maaf” digunakan ketika kamu ingin meminta maaf duluan sebelum hal itu terjadi, contohnya jika kamu ingin memasuki atau meninggalkan ruangan atau sebelum melakukan sesuatu yang bisa dibilang tidak sopan/kasar, seperti menjawab ponsel ketika sedang makan. Shitsureimasu merupakan permintaan maaf informal dan ringan. Selain yang artinya maaf, kata ini juga bisa diartikan sebagai “permisi” tergantung kondisi dan tempatnya.

Contoh:

  • saat kamu ingin masuk keruangan bos/atasan kamu.
    – Kamu:  失礼します (shitsureishimasu; permisi/maaf)
    – Bos: はい、どうぞ (hai, dozo; ya, silahkan)

3. Shitsureishimashita (しつれいしました/失礼しました)

Shitsureishimashita adalah ungkapan minta maaf juga tapi saat setelah terjadi atau lawan katanya dari shitsureimasu. Dalam bahasa Jepang dan jika diartikan ke bahasa Indonesia dapat berarti “maaf atas ketidaknyamannya“. Dan kata itu dipakai untuk mengungkapkan ekspresi maaf yang sopan setelah selesai meninggalkan ruangan/kembali ke ruangan lagi.

Baca Juga:  Yuk Belajar Bahasa Jepang! - Kata Untuk Menunjuk Benda

Contoh:

  • saat kamu melakukan kesalahan kemarin
    – 昨日は失礼しました (kinou wa shitsureishimashita; maaf untuk yang kemarin)

4. Gomenasai (ごめんなさい)


Kata ini yang paling sering minna-san dengar kan dan banyak digunakan keteman-teman kalian. Gomenasai adalah permintaan maaf yang sangat informal yang hanya harus digunakan dengan teman dekat, keluarga atau pacar. Berbagai cara mengucapkan Gomenasai salah satunya bisa mengatakannya Gomen ne atau Gomen.

  • Saat kamu telat datang ketemuan sama pacar
    – 遅れてごめんね~ (okurete gomen ne~; maaf aku telat~)

5. Moushiwake arimasen (申し訳ありません)

Ekspresi atau kata yang sangat formal untuk meminta maaf dan bentuk lebih sopannya moushiwake gozaimasen. Jika minna-san berbuat sesuatu yang buruk di tempat kerja, minna-san harus menggunakan moushiwake arimasen sambil membungkuk (ojigi).

  • melakukan kesalahan dalam bekerja
    – 申し訳ありません、私のせいです (moushiwake arimasen, watakushi no seidesu; Maafkan kesalahan saya)

 

Nah sudah tahu kan macam-macam kata maaf dalam bahasa Jepang, jadi jangan sampai salah penempatan untuk kata minta maaf ya~! Punya pertanyaan tentang pembahasan ini? Silahkan komentar dibawah 🙂