CLASH Bandung 2015 (1)

Japanese Music ID – Bandung, Sabtu, 4 April 2015, Balai Sartika Bandung dipilih menjadi tempat ajang cosplay bergengsi, CLAS:H. Ya, tahun ini, CLAS:H resmi menggelar acaranya di lima kota termasuk Kota Bandung.

Dibuka dengan WKG Anisong Karaoke Competition, CLAS:H menyajikan rangkaian acara yang sangat meriah. Puluhan cosplayer yang dengan sempurnanya menyerupai karakter kesukaan mereka kemudian menunjukkan kebolehannya dalam Single Cosplay Parade.

Break dzuhur dari acara ini pun tidak diluangkan begitu saja. Lomba menggambar diadakan di mini stage di depan venue, dimana pesertanya adalah para pengunjung yang ingin memamerkan kebolehannya menggambar dalam 10 menit. Kembali pada acara utama yang dilanjutkan dengan Seiyuu Contest. Pada perlombaan pengisi suara ini, semua peserta yang tampil memberikan performance yang luar biasa. Tak hanya mengisi suara satu karakter, namun beberapa peserta ada yang mengisi dua bahkan sampai tiga karakter sekaligus. Para pengunjung dibuat terkagum-kagum dengan kelihaian para peserta tersebut. Tak hanya para pengunjung, ketiga juri pun dibuat terkagum-kagum.

YUMI, mojang asal Bandung yang sudah menggelar mini live tour di Jepang pun memeriahkan CLAS:H Bandung dengan menyanyikan dua lagu. Pengunjung dibuat tak berhenti bersorak selama YUMI menyanyi. Setelah penampilan YUMI, 1000% Boyz membuat pengunjung wanita yang hadir tak hentinya berteriak. Sekitar 20 menit penampilan dari 1000% Boyz berhasil membuat para pengunjung wanita yang hadir menjadi panas dan kegirangan. 1000% Boyz yang meng-cover beberapa dance dari Uta no Prince-sama ini memang tampil total dan sengaja memberikan beberapa fans service bagi para wanita.

Setelah kesepuluh personil 1000% Boyz memperlihatkan kelihaian dance-nya, kesepuluh finalis Tokyo Hits satu persatu membawakan lagu. Ya, CLAS:H tahun ini berkolaborasi dengan Tokyo Hits yang tengah mencari idola-idola baru. Kesepuluh finalis yang sudah diseleksi sebelumnya membawakan beberapa lagu dari Pink Babies, STARMARIE, LOVE ANDROID, dan Faint⋆Star.

Setelah break sekitar 10 menit, Hiroaki Kato naik ke atas panggung. Sebelum tampil ia berkata bahwa ia sangat mencintai Indonesia dan batik, terbukti dari pakaian yang ia kenakan yaitu celana dan kaus batik. Ia  berhasil membuat para pengunjung menyukainya mulai dari lagu pertama yang ia bawakan, Sepatu dari Tulus yang dibawakan dalam dua bahasa; Bahasa Indonesia dan Bahasa Jepang. Setelah menyanyikan Sepatu, ia mengajak penonton menyanyikan theme song dari Doraemon Movie: Stand by Me yang berjudul Himawari no Yakusoku. Ia merasa terkejut sekaligus senang karena semua pengunjung yang hadir turut menyanyi bersamanya. Lagu ketiga dan keempat kemudian ia bawakan bersama vokalis band Mocca, Arina, yang berasal dari Bandung. Selesai menyanyikan single-nya sendiri yang berjudul Arigatou dengan Arina, penonton memaksanya untuk encore. Akhirnya ia membawakan lagu Laskar Pelangi yang lagi-lagi dibawakan dalam dua bahasa dan lagi-lagi berhasil membuat para pengjung terkesan.

Baca Juga:  [Liputan] WOW.. CLAS:H Jogja Luar Biasa

Akhirnya, setelah rangkain acara yang telah diadakan, acara puncak CLAS:H Cosplay Competition dimulai. Sebanyak 23 tim unjuk kebolehan dalam CLAS:H Bandung yang pertama ini. Karena banyaknya tim yang mengikuti CLAS:H Cosplay Competition ini, acara ini dibagi dalam dua sesi. Di sela kedua sesi, ketujuh juri (Hiroaki Kato, Diasta, Pinky Lu Xun, dua orang perwakilan dari LUNAR Cosplay Team, dan dua orang perwakilan dari KADALUARSA Uwaw Cosplay Team), mengaku kagum dengan semua peserta. Mereka juga berkata bahwa mereka akan sulit untuk menentukan juaranya karena semua peserta menampilkan penampilan yang sempurna dan dengan kostum-kostum yang sungguh luar biasa.

Setelah CLAS:H Cosplay Competition, LUNAR Cosplay Team tampil membawakan kabaret dari Rurouni Kenshin: The Great Kyoto Fire. Kabaret ini dibawakan dengan beberapa humor dan guyonan yang membuat pengunjung seisi Balai Sartika tak hentinya tertawa. Namun tak hanya komedi yang ditampilkan, beberapa adegan pun membuat pengujung terkesan. Tak hanya penampilan panggungnya saja yang luar biasa, video yang menjadi latar belakang penampilan merekapun terbilang keren dan pastinya diisi dengan beberapa adegan humor. CLAS:H Bandung akhirnya ditutup dengan penampilan dari REDSHiFT.

Buat kamu yang kemarin ngga sempet datang ke CLAS:H Bandung, nyesel deh pokoknya!

Nah ini dia foto-fotonya 🙂