Japanese Music ID, Jakarta – Minggu lalu tepatnya 31 Agustus – 2 September, telah dilaksanakannya acara C3AFA JAKARTA 2018 yang bertempat di Indonesia Convention Exhibition Hall 5 & 6, Tangerang. Walaupun tahun ini dikabarkan menjadi tahun terakhir namun antusiasme para pengunjung dan cosplayer tidak berkurang untuk datang ke salah satu event Jepang terbesar di Indonesia ini, terlihat dari antrian panjang sebelum memasuki gate penukaran/pembelian tiketnya.

Pada pembukaan hari pertama sudah disambut oleh berbagai pengisi acara di area AKIBA STAGE seperti DJ SOBA, Ayasa, Eri SasakiClarisa Punipun, dan masih banyak lagi. Selain bintang tamu di C3AFA tahun ini, juga banyak berbagai macam booth seperti booth makanan, booth merchandise, booth game dan yang paling penting untuk para Jepangers sekaligus Gamers karena di tahun ini, C3AFA juga bekerjasama dengan acara game yaitu Game Start pertama di Indonesia menghadirkan area AFA PLAY yang dimana pengunjung bisa menikmati berbagai jenis permainan. Lalu pada area lainnya ada juga salah satu booth dari bintang tamu virtual ternama sekaligus YouTuber dan juga idol loh, yap Kizuna Ai dan Siro serta ada juga VTuber pertama di Indonesia Maya Putri.

Dihari pertama ada penampilan dari tamu spesial yaitu EGOIST yang tidak tanggung-tanggung langsung membawakan 21 lagu pada penampilannya dihari Jumat. Dihari kedua, sebelum masuk ke I ♥ ANISONG di pangung utama yang dihadiri oleh BAND-MAID, Megumi Nakajima, Konomi Shuzuki, Ami Wajima, Mashiro Ayano dan TRUE ada Special Screening anime K SEVEN Stories Episode 1 dan juga pembahasan untuk anime yang akan tayang mendatang yaitu RELEASE THE SPYCE dengan bintang tamu Yukari Anzai selaku seiyuu dari karakter utama Momo Minamoto , setelah itu ada penampilan dari Kizuna Ai yang merupakan virtual YouTuber yang sudah dinanti-nantikan oleh pengunjung yang datang dan juga penampilan Eri Sasaki yang membuat suasana panggung utama menjadi sejuk dengan lantunan lagu-lagunya yang santai dan selanjutnya ditutup dengan pembahasan dari anime LOST SONG yang telah tayang pada Maret lalu dengan bintang tamu Konomi Suzuki seiyuu dari karakter utama yaitu Rin dan juga penulis dari anime tersebut yaitu Junpei Morita.

(foto oleh tim C3AFA JAKARTA 2018)

Dihari terakhirnya di AKIBA STAGE ada penampilan dari Virtual YouTuber pertama dari Indonesia yaitu Maya Putri, serta Art Duel, Cosplay Single Competition, dan masih banyak lagi. Sedangkan di panggung utamanya, ada Special Screening K Seven Stories Episode 2, anime showcase dari Gundam Build Drivers bersama Jun Kasama (selaku seiyuu dari Kyouya Kujou), penampilan dari Ayasa, Tokui Sora, Special Screening anime Jojo’s Bizarre Adventure: Golden Wind, setelah itu ada penampilan dari JKT48 dan sebagai penutup di pangung utama, lagi dan lagi, ada Special Screening anime dari Bungo Stray Dogs: Dead Apple.

Baca Juga:  [Liputan] JKT48 Team KIII Hajar Habis Sakura Matsuri 2014

Nah, penasaran dengan lagu yang dibawakan saat I ♥ ANISONG apa saja dan seperti foto performnya? Yuk buka Spoiler dibawah ini:

Spoiler for: I ♥ ANISONG C3AFA JAKARTA 2018 - DAY 1

SETLIST EGOIST :

  1. Euterpe
  2. Everlasting Guilty Crown
  3. Extraterrestrial Biological Entities
  4. Ame, Kimi wo Tsurete
  5. Suki to Iwareta Hi
  6. Door
  7. Planetes
  8. Reloaded
  9. Kabaneri of the Iron Fortress
    -MC-
  10. Elbardaernu
  11. Kanadenaru
  12. Ghost of a Smile
  13. Kono Sekai de Mitsuketa Mono
  14. Namae no Nai Kaibutsu
    -MC-
  15. Kimi Sora Kiseki
    [ENCORE]
  16. Welcome to the *fam (from Best AL Alter Ego)
  17. Eiyu Unmei no Uta
  18. Désir (GARNiDELiA Cover Song)
  19. Connect (ClariS Cover Song)
  20. All alone with you
  21. Departures ~Anata ni Okuru Ai no Uta~
Spoiler for: I ♥ ANISONG C3AFA JAKARTA 2018 - DAY 2

SETLIST BAND-MAID :

  1. Domination
  2. Dice
  3. Alone
    – MC-
  4. Carry on Living
  5. Choose Me
  6. Start Over
  7. Freedom
    – MC-
  8. Real Existence
  9. Secret My Lips
  10. The non-Fiction Days

SETLIST Megumi Nakajima :

  1. What ’bout my star? @FORMO
    – MC-
  2. Saturday Night Question
  3. Try Unite!
  4. Bitter Sweet Harmony
  5. Anata no Oto
    – MC-
  6. Aoi no Ether
  7. Houkago Overflow
    – MC-
  8. Seikan Hikou

SETLIST Konomi Suzuki :

  1. Redo
  2. Choir jail
    – MC-
  3. Utaeba Soko ni Kimi ga Iru Kara
  4. THERE IS A REASON

SETLIST Ami Wajima :

  1. Eien Loop
  2. Kimi E
  3. Gensou Drive
    – MC-
  4. Ai

SETLIST Mashiro Ayano :

  1. Vanilla sky
  2. Believe
  3. Newlook
    – MC-
  4. Lotus pain
  5. Syoudou
    – MC-
  6. Matroska
  7. Starry
  8. Ideal white

SETLIST TRUE :

  1. Lonely Queens Liberation Party
    – MC-
  2. UNISONIA
  3. Hiryuu no Kishi
  4. STEEL ~Tekketsu no Kizuna~
    – MC-
  5. Dear Answer
  6. Divine Spell
  7. Sincerely
  8. DREAM SOLISTER

-tidak ada foto untuk TRUE-

Spoiler for: Galeri Foto C3AFA JAKARTA 2018

Akhir kata, terima kasih untuk SOZO, dan tim AFA Indonesia yang sudah membawa festival Jepang terkeren di Indonesia. Ditunggu acara lainnya dari SOZO dan tim untuk Indonesia sebagai pengganti dari Anime Festival Asia Indonesia.

 

 

Artikel & Foto : Fawwazil Bahir
Editor: Pradja DJ
Foto Stage Anisong oleh tim C3AFA JAKARTA 2018