Bandung Japan Festival 2014 (1)

Japanese Music ID – Roof Garden Sasana Budaya Ganesha (Sabuga) dipilih menjadi lokasi dari Bandung Japan Festival yang pertama. Sebelum jadwal open gate, yaitu 09:30 WIB, para pengunjung sudah kelihatan menumpuk di pintu masuk. Sementara para panitia berbaju merah muda sibuk kesana kemari. Begitu pintu masuk dibuka, pengunjung langsung memasuki Roof Garden Sabuga.

Sebelum pemotongan pita sebagai simbol resmi dari dibukanya acara, beberapa orang yang berkontribusi penting memberikan sambutannya di mini stage yang terletak di depan community booth. Sambutan yang pertama dibawakan yaitu oleh istri dari walikota Bandung, Ibu Atalia yang ditemani maskot dari BJF, Mala. Kemudian ketua pelaksana BJF, Fafa. Kamaga-san, seorang berkewarganegaraan Jepang yang sangat mencintai Kota Bandung pun turut memberikan sambutan yang meriah. Setelah sambutan yang dibawakan oleh beberapa orang yang berkontribusi penting dalam acara ini, acara dilanjutkan dengan pemotongan pita di main stage. Setelah itu, empat anak kecil dengan lucunya menari tarian tradisional. Tarian Shouran Bushi pun kemudian dipentaskan.

Bandung Japan Festival yang pertama ini, dimeriahkan oleh berbagai macam booth, diantaranya adalah; doujinshi market booth, food and beverages booth, dan community booth. Community booth diisi oleh komunitas-komunitas yang ada di Bandung, yaitu: ONE OK ROCKERS Bandung, Babymetal Bandung, LiSAkko Indonesia, Itasha Indonesia, nanotomo Indonesia, Aozora, Kaegi, Sanggar Origami Indonesia, Vocalovers Bandung, Bujinkan Indonesia, AMAJI, Kameko.bdg, IDOLLC (Indonesian Doll Community), Gundam Front Pasundan, Nendonesia, AMI (Auto Modeller Indonesia), CHAFF -Komunitas PVC Figure Indonesia-, Autumn Sky, serta Nakura.

Baca Juga:  [LIPUTAN] Meriahnya Acara Ulang Tahun Ke-2 Supercell FC Indonesia !

Jangan harap bisa berjalan dengan leluasa pada BJF ini, karena setiap sudutnya dipenuhi pengunjung. Salah satu sudut yang paling dipadati pengunjung yaitu doujinshi market area dan tentu saja food and beverages area. Kedua stage pun, main stage  dan mini stage, dipadati pengunjung. Duet MC kondang Rachel dan Eki yang biasa muncul di festival Jejepangan pun turut memeriahkan acara.

Tak hanya disajikan dengan hiburan yang fantastis, pengunjung pun bisa ikut serta dalam beberapa lomba yang diadakan, diantaranya yaitu Kakigori Eating Contest dan Riddle Game. Selain itu, pengunjung berhak memberikan suaranya untuk community booth dan doujinshi booth yang paling mereka sukai.

Berikut beberapa footage Bandung Japan Festival:

Artikel & Foto: Mutia Bida