Ini dia, salah satu permainan trading card paling sukses yang diangkat dari serial anime Yu-Gi-Oh!. Apalagi kalo bukan Yu-Gi-Oh Duel Monster. Tidak salah kalo dibilang sukses, karena game trading card ini memang laris dimainkan secara online diseluruh dunia. Bahkan game versi offline nya di PC juga masih sering dimainkan.

Yu-Gi-Oh sendiri adalah serial manga/anime karya Kazuki Takashi tahun 1996, dalam bahasa Indonesia Yu-Gi-Oh dapat diartikan “Raja Permainan”.  Kisah anime dan manganya bercerita tentang petualangan seorang anak laki laki bernama Yugi Mutou yang ahli memainkan banyak permainan. Suatu hari Yugi diberi hadiah kakeknya Millenium Puzzle yang harus ia susun kembali. Setelah bertahun tahun ia berhasil menyusun millennium puzzle tersebut dan roh pharaoh merasuki tubuh yugi sehingga ia memiliki kepribadian yang lain, atau seringkali kita sebut sebagai “Yami Yugi” (Yugi Kegelapan).
Game duel monster Yu-Gi-Oh merambah ke berbagai console game, mulai dari PS1,PC,Game Boy Advance,Nintendo DS,sampai versi Online. Ayo kita coba lihat lihat game Yu-Gi-Oh dari beberapa console nya
1.      Yu-Gi-Oh Versi PS one
 Ini mungkin jadi game Yu-Gi-Oh pertama yang dimainkan oleh kita (penulis menggunakan game versi ini sebagai game Yu-Gi-Oh nya yang pertama). Judulnya Yu-Gi-Oh Forbidden Memories. Walau tipe game play nya Arcade mode, tapi game ini tetap ada jalan ceritanya. Mengisahkan sang Pharaoh (Atem) yang berseteru dengan penyihir jahat Heishin yang ingin menguasai kerajaan. Atem  yang kalah duel monster akhirnya disegel dalam millennium puzzle dan baru bisa keluar saat Yugi Mutou menyusunnya kembali.
Game Yu-Gi-Oh forbidden memories bisa dibilang sangat simple dari segi tampilan,gameplay, maupun rule playnya.

Gambar gameplay yu-gi-oh dari sisi pemain

 
Gabar gameplay yu-gi-oh dari sisi field duel
tidak ada yang namanya “tribute” untuk memanggil kartu monster bintang 5 ke atas, apalagi kartu effect. Bila deck kamu isinya kartu dengan attack besar, bisa langsung di “summon” ke “field” dan menang dengan mudah. Kartu magic dan trap masih belum memiliki fungsi yang bervariasi, hanya sekedar sebagai “equip” , penambah “life Point” sendiri, dan Pengurang life Point lawan. Tidak ada kartu Polimerization, kalau mau menggabungkan kartu tinggal dicoba gabungkan saja. Kalau tidak cocok, kartu nya terbuang. Peraturan yang sangat simple, tapi bikin susah menang kalau kartu kartu kita attacknya kecil. Walaupun memiliki banyak kekurangan, game ini cukup popular di jamannya.
2.      Yu-Gi-Oh Versi PC
Game versi PC sudah mengadopsi peraturan yang sama seperti di anime dan manga-nya. Kartu bintang 5 ke atas harus melalui proses “tribute” untuk bisa dipanggil, adanya kartu “effect”, banyaknya variasi kartu magic dan trap yang bisa digunakan ditambah lagi kita bisa duel dengan sesama duelist lain melaui sambungan LAN (untuk versi Joei The Passion). Game versi PC ini dibagi jadi 3 bagian, yaitu Yugi The Destiny, Kaiba The Revenge dan Joei The Passion
Tema dari yu-gi-oh PC adalah “Power of Chaos”
Gambar Gameplay Yu-gi-oh versi PC
Gambar deck menu, tempat dimana kita bisa mengatur deck
1    3. Yu-Gi-Oh Versi NDS 

game yu-gi-oh  Versi NDS sudah jarang menggunakan karakter yugi mutou, joei, atau kaiba sebagai lawan tanding. Disini kita diarahkan sebagai karakter “Jaden Yuki” yang berjuang menjadi duelist nomor satu di dunia.
Secara grafis, yu-gi-oh versi NDS sangat bagus apalagi dual monitor yang dimiliki NDS membuat monster yang di dalam kartu akan terlihat di salah satu layarnya. Kartu yang digunakan lebih bervariasi lagi, bahkan banyak yang baru sehingga mungkin membuat kita akan sedikit kebingungan saat memainkannya pertama kali.
Gameplay yu-gi-oh NDS
 
4.  Yu-gi-oh Versi Game Boy Advance (Duel Academy)
Pada Yu-gi-oh versi Duel Academy kita dijadikan salah seorang murid di akademi duelist. Disini kita tergabung bersama jaden yuki dkk untuk jadi duelist terkuat. Bisa dibilang yu-gi-oh versi GBA sangat sulit lho, kenapa?, karena untuk bisa naik level kita harus melalui tahap ujian dan tiap ujian memiliki tema tersendiri. Misalnya kita diharuskan menang dalam lima giliran, menang dengan penggunaan magic dalam jumlah tertentu dll. Jadi sering menang dalam duel belum tentu bisa naik level di permainan ini.
Berikut penampakan gam
e nya
Gameplay yu-gi-oh versi Duel Academy
Dari segi grafis memang harus diakui pas pas-an. Tapi dari segi variasi kartu dan feature cukup lengkap, bahkan kita bisa melakukan training sendiri untuk mengasah kemampuan.
Sebenarnya masih banyak lagi game yu-gi-oh lainnya, tapi penulis baru sempat coba yang empat ini saja. Dari semuanya sebenarnya ada lebih dan kurangnya, tapi bagi pecinta duel monster ala “Kazuki Takashi” tentu setiap versi setidaknya harus pernah mencobanya walau sekali.hehehehe
Artikel Terkait :  "Sword Art Online: Alicization" Tampilkan PV Berserta Staff dan Tanggal Penayangannya