Pernah dengar nama komunitas yang satu ini? VVoices48 adalah komunitas penyanyi yang berbasis di aplikasi karaoke Smule yang menyanyikan lagu-lagu 48 Group, termasuk lagu-lagu dari Nogizaka46 dan Keyakizaka46. Komunitas ini didirikan pada tanggal 23 April 2016 oleh Gee Abhimanyu, Jehoo, dan Novita Loveria. VVoices48 terbentuk atas kesamaan hobi bernyanyi dan kecintaan terhadap lagu-lagu 48 Group, mulai dari AKB48 hingga sister groupnya di Indonesia JKT48.

Banyak yang bertanya mengapa komunitas ini menggunakan 2 huruf V. Menurut VOT (VVoices48 Operational Team), hal tersebut bertujuan agar masyarakat tidak menganggap VVoices48 sebagai kelompok yang ingin menjiplak atau bahkan menyaingi idol group bentukan Akimoto Yasushi itu. Dengan menambahkan lagi satu huruf V, diharapkan masyarakat tahu bahwa bagaimanapun, VVoices48 adalah kumpulan penggemar 48 group juga. Penggemar 48 Group kerap disebut sebagai wota dan sebutan itu sering dikodifikasikan dengan huruf “double V” atau “VV” (W).

Hingga saat ini, VVoices48 telah memiliki lebih dari 100 member yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Keunikan dari VVoices48 adalah sistem komunitas yang dikonsepkan seperti AKB48. Untuk menjadi anggota VVoices48 harus mengikuti serangkaian proses audisi yang digelar di aplikasi Smule. Mereka yang berhasil lolos audisi akan menjadi member Team Trainee dan diberikan bimbingan penggunaan aplikasi serta pengenalan komunitas terlebih dahulu, sebelum mereka dipromosikan untuk masuk menjadi member tim inti. VVoices48 memiliki 5 buah tim inti yang nama-namanya diambil dari nama project AKB48, yaitu: Team PB (Playboy), Team YJ (Young Jump), Team SP (Surprise), Team DG (Dragon), dan Team ZK (Zaka).

Kegiatan VVoices48 pun tidak jauh berbeda dengan konsep AKB48 di mana mereka membuat project kolaborasi menyanyikan lagu-lagu 48 Group dengan merilis single dan coupling song dari masing-masing tim. Untuk memilih member yang berkesempatan menyanyikan single, VVoices48 menggelar event pemilihan member senbatsu dengan Senbatsu Sousenkyo, Virtual Janken Competition, atau lainnya.

VVoices48 menggunakan aplikasi LINE sebagai media untuk berkomunikasi antar member. Tak hanya di dunia maya, member VVoices48 juga sering mengadakan gathering, hingga liburan bareng antar member. Apalagi untuk regional Jabodetabek, tak jarang para member menonton konser atau Theater JKT48 bersama-sama.

Selama setahun ini, VVoices48 pernah berkolaborasi menyanyikan single dengan komunitas lain di Smule, yaitu dengan Smule Japan World Community (SJWC) dan Smulenesians (komunitas resmi pengguna Smule di Indonesia). VVoices48 juga semakin melebarkan sayap untuk tampil bernyanyi secara live.

Merayakan ulang tahunnya yang pertama, di awal Mei 2017 lalu VVoices48 telah menggelar sebuah event dengan konsep Theater JKT48, dan mengundang ex-member JKT48 yaitu Milenia Christien serta penyanyi indie Rangga Pranendra sebagai Guest Star. VVoices48 membooking sebuah restoran & mini-theater di kawasan Jakarta Selatan untuk acara tersebut dan berlangsung sukses.

Buat kalian yang penasaran seperti apa project-project VVoices48, silakan cek akun mereka di:

Dan pantau kegiatan-kegitan seru mereka di Instagram, Twitter, dan Official LINE mereka di @vvoices48

 

Ingin profile Band/Komunitas/Dance Cover/Fanbase kamu ditaruh di website kami
Kirim profil lengkapnya ke local@japanesemusicid.com
atau baca lebih lanjut di http://japanesemusicid.com/local-content/