Logo JOC

J-Friends, siapa nih yang ke Jakarta Japan Matsuri di Plaza Timur Senayan kemarin? Seru ya! Kita bisa menyaksikan berbagai macam pertunjukan, obake, dan para cosplayer beraksi.

Tapi J-Friends ngeh gak sih, kalau ada pasukan berseragam hijau berkeliling sambil membawa papan slogan,“Malu Buang Sampah Sembarangan” atau “Jangan Nyampah Yuk!” diarea Closing Event Jakarta Japan Matsuri. Para wanita dan pria berbalut seragam hijau ini adalah Jakarta Osoji Club.

JOC JJM

source : Jakarta Osoji Club Fanpage by Citra Sari Sultan

Jakarta Osoji Club (JOC) adalah sekumpulan relawan yang peduli dengan kebersihan lingkungan. Didirikan pada 29 April 2012 oleh Tsuyoshi Ashida, JOC memfokuskan pada kegiatan “petik sampah”. Tidak hanya itu, JOC juga aktif dalam mengkampanyekan Malu Buang Sampah Sembarangan ke berbagai event dan sekolah di Jakarta. Tsuyoshi Ashida mengadaptasi kebudayaan masyarakat Jepang di Indonesia dengan menerapkan kesadaran yang tinggi akan kebersihan lingkungan.

JOC JJM 2

source : Jakarta Osoji Club Fanpage by Citra Sari Sultan

Kini sudah hampir 200 orang volunteer yang bergabung dalam kegiatan JOC. Mulai dari kegiatan disetiap event hingga kegiatan rutin setiap dua minggu sekali disekitaran Ring Road Gelora Bung Karno. Awalnya JOC hanya terdiri dari 15 orang Jepang saja lho, J-Friends! Sugoi~

Ada informasi tambahan lain nih J-Friends. Dalam waktu dekat ini, JOC akan menjelajah Jepang dengan tema “JOC Goes to Japan: Melajah Budaya Bersih-Bersih ala Jepang”. Para perwakilan dari JOC akan berangkat ke Jepang untuk observasi budaya bersih disana. Selain itu, mereka akan mempelajari proses manajemen pengolahan sampah, cara penanaman sejak dini mengenai kebersihan dan cinta lingkungan. Tidak hanya itu J-Friends agendanya, mereka juga akan berkunjung ke Walikota Shibuya dan melakukan kegiatan petik sampah dengan Greenbird, salah satu komunitas pencinta lingkungan juga.

Apa sampai segitu saja kegiatan mereka? Tidak J-Friends! Setibanya di Tanah Air, para perwakilan akan mencoba menerapkan pengolahan manajemen sampah di sekolah dasar yang ada di Jakarta dan mengajak masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan.

Wah, seru ya J-Friends! Kita tunggu liputan para perwakilan JOC ketika berada di Jepang. Makanya, terus pantau japanesemusicid.com untuk info selanjutnya.

Bagi J-Friends yang masih penasaran siapa sih JOC ini, kalian bisa mengunjungi beberapa jejaring sosial mereka di bawah ini :

Fanpage : Jakarta Osoji Club

Twitter : @JKT_osojiclub

Blog : Jakarta Osoji Club

Instagram : @jkt_osojiclub

YouTube : Jakarta Osoji Club

Berikut video Jakarta Osoji Club berisi mengenai Indonesia Bebas Sampah 2020 oleh founder JOC, Tsuyoshi Ashida.

Bagi J-Friends yang mau ikutan gabung dengan JOC, gak pake ribet langsung aja datang ke Ring Road GBK sesuai dengan jadwal yang ditentukan, kamu bisa membantu kebersihan lingkungan!

Gak lupa juga, founder, author, caster, dan jurnalist dari tim Japanese Music ID juga mendukung gerakan #MaluBuangSampahSembarangan, bagaimana dengan kalian J-Friends?

JOC JMUSICID

source : @JKT_osojiclub

Founder Jakarta Osoji Club "Tsuyoshi Ashida" dengan Banner Japanese Music ID

Founder Jakarta Osoji Club “Tsuyoshi Ashida” dengan Banner Japanese Music ID

 

video source by @addie_valent

 

Ingin profile Band/Komunitas/Dance Cover/Fanbase kamu ditaruh di website kami
Kirim profil lengkapnya ke local@japanesemusicid.com
atau baca lebih lanjut di http://japanesemusicid.com/local-content/