Hai J-Friends! Kalau di artikel sebelumnya kita udah kepo-in Yoshiko Hanzaki, kali ini ada Hiroaki Kato yang bakalan kita kepo-in  niih. Kalau gitu, yuk kita simak DJ Joe & “asistenya” ngepoin apa sih dari si Hiro-san, langsung aja cekidot~

  1. Ada sesuatu yang spesial tidak dari perayaan 1st Anniversary AEON MALL JGC dan sekaligus juga hubungan diplomatik Indonesia Jepang yang ke 60 tahun?
    Sebenarnya selama 1 tahun ini, ada banyak acara untuk memperingati hubungan diplomatik Indonesia Jepang yang ke 60 tahun, salah satunya acara 1st Anniversary AEON MALL JGC dan juga saya dapat official trademark dari 60 tahun karena salah satu rangkaian acaranya. Dan lebih spesial lagi karena AEON MALL ini dari Jepang, pada perayaan 1st Anniversary AEON MALL JGC ini ada banyak guest star salah satunyaseperti Diva of Shopping Mall yaitu Yoshiko Hanzaki dan masih banyak bintang tamu lain yang spesial diacara 1st Anniversary AEON MALL.
  2. Hiroaki Kato kan sudah cukup lama berkarya di Indonesia, kira-kira ada target yang ingin dicapai dalam waktu dekat ini?
    Sejak saya pindah ke Jakarta dari Tokyo itu tahun 2014, udah 4 tahun berarti ya, setiap tahunnya pasti ada targetnya, tahun pertama dan kedua itu lebih fokus untuk meningkatkan popularitas Hiroaki Kato di masyarakat Indonesia, saya juga sering tampil di TV atau membawakan acara, tapi passion saya selalu di musik, jadi tahun ketiga dan keempat lebih fokus ke musik karna tahun 2017 saya telah rilis album perdana di Indonesia yang berjudul “Hiroaki Kato” dan sampai saat ini saya masih mempromosikan lagu-lagu yang ada didalam album saya ini. Lalu target untuk kedepannya, saya sih ingin tampil di acara-acara musik yang besar di Indonesia, contohnya seperti di Java Jazz, dan waktu itu di acara itu, saya tampil di mini stagenya dan semoga tahun depan bisa tampil lagi di Java Jazz di panggung utamanya. Oh ya, selain itu saya juga ingin bermain akting dan bermain film.
  3. Arti musik bagi Hiroaki Kato sendiri itu apa sih?
    Menurut saya, arti dari musik itu adalah suatu alat untuk berkomunikasi dengan orang, karena saya menulis lagu dan aransemen musiknya sendiri dan saya selalu menceritakan tentang hidup saya sendiri. Musik itu salah satu cara untuk share gimana perasaan yang saya pikirkan dan filosofi hidup saya ke orang lain.
  4. Kedepannya, apa ada Coveran ke dua bahasa lagi atau ada rencana mengcover lagu lain dan maunya lagu apa?
    Selama ini saya bekerjasama dengan artis yang sudah saya kenal sebelumnya baru saya mengcover lagunya. Jadi untuk lagu “Ruang Rindu” itu, saya sudah kenal dengan penyanyinya sejak tahun 2006 dan lagu “Laskar Pelangi” pun juga begitu, karna saya menerjemahkan novel “Laskar Pelangi” kedalam bahasa Jepang dan diterbitkan di Jepang. Selain lagu itu ada lagu lain dari Tulus yang judulnya “Sepatu” yang diterjemahkan ke lirik bahasa Jepang dan pernah kolaborasi juga disuatu event di Shizuoka dengan RAN dan membawakan lagu “dekat dihati” dalam versi bahasa Jepang. Dan yang belum lama ini ada lagu Asian Games yang judulnya “Bright As The Sun” dan “Meraih Bintang” yang dibuat versi Jepang atas permintaan dari INASGOC.
  5. Hiro sendiri ‘kan datang ke Indonesia dan kuliah di Sastra Indonesia di Yogyakarta, ada keingin buat nge-cover lagu bahasa Jawa atau mungkin buat lagu sendiri dalam bahasa Jawa?
    Ahahaha, sayang sekali kemampuan bahasa Jawa saya tak semahir itu, jadi agak susah, mungkin akan kerjasama dengan artis Jawa, karena kemarin ada salah satu artis keroncong atau artis Gamelan yang cover lagu Ruang Rindu bahasa Jepang pake Gamelan, mungkin kerjasama dengan mereka sangat memungkinkan kali ya.
  6. Dari sekian banyak genre musik, apakah Hiro suka dengan genre lagu dangdut, kalau dikasih kesempatan mau kolaborasi dengan penyanyi dangdut, kira-kira siapa?
    Kalau dikasih kesempatan untuk kolaborasi dengan penyanyi dangdut, hmmm.. kayanya saya maunya dengan penyanyi yang dangdut banget, mungkin kaya Siti Badriah. 😀
  7. Nah, kalau dari tadi ngomongin coveran, selanjutnya ada gak sih kedepannya merilis single original lagi?
    Sebenarnya single dari saya itu masih dari album Hiroaki Kato, namun belum memilih yang mana yang akan dibuat Video Clipnya kemungkin yang “Nada Sousou” atau “Beda Selera“, atau “Happy!“. Dan mungkin tahun depannya sambil mengeluarkan single sekaligus mengerjakan album kedua rencananya begitu, jadi berbanding lurus atau berbarengan antara rilis single dan album.
  8. Oh ya, ngomongin tentang hawa-hawa Hiro di 1st Anniversary AEON MALL JGC nih, Biasanya Hiro itu ke Mall belanja apa sih selain kebutuhan pokok?
    Biasanya saya ke toko olahraga, karena saya kan suka main sepak bola jadi saya selalu liat sepatu atau seragam. “Hiro bergumam: gila tuh gk bosan-bosan yah beli seragam padahal udah banyak banget tapi masih aja pengen beli, eh yang ini timnya sama tapi warnanya beda” hehehe. Nah selain olahraga, itu saya suka banget beli alat tulis, seperti pulpen yang warnanya baru, eh tapi padahal banyak banget tuh dikamar pulpen baru yang belum dipake. Ya gitu deh 🙂
  9. Oke deh, terakhir nih, Kenapa sih Hiroaki Kato milih Indonesia dan kenapa gak pilih negara lain kaya di Barat/Eropa sana?
    Sebenarnya tidak ada alasan kuat, intinya sih diajak temen aja. Saya waktu SD kelas 1 & 2 tinggal di Amerika karena ikut kerja papa saya tinggal di Miami, sejak saat itu suka bahasa Inggris karena sejak kecil tinggal di Amerika dan setelah dewasa dan masuk kuliah saya harus milih bahasa dan menurut saya untuk bahasa Inggris saya bisa belajar sendiri, dan saya pengen belajar bahasa lain yang tidak pernah saya pelajari dan tidak akan pernah saya pelajari kalau tidak dipaksa, waktu itu kebetulan ada yang ngajakin saya belajar bahasa Indonesia dan itu perempuan Jepang yang cantik sekali dan saya pingin banget satu kelas dengan dia, itu alasan pertama saya mulai belajar bahasa Indonesia, tapi lama-lama karena tinggal di Indonesia tempatnya Yogyakarta, jadi suka gamelan dan batik karna saya juga main musik, nah waktu itu juga ada dosen dari UI dan ngajar dikampus saya dan ngasih tau lagu Chrisye dan langsung suka deh sama lagu Indonesian Pops.
Baca Juga:  [Liputan] Acara JSeries Festival, Sukses di Laksanan!

Nah itu dia ke-kepo-an DJ Joe dan “asistennya” (ajegile, DJ Joe punya asisten :v), gimana menurut kalian? Oh ya, ada sedikit tip dari Hiro-san lho! mau tau apa itu tipsnya? Coba dengerin rekaman interview lengkapnya kemarin di Japanese Music Radio deh, disitu nanti ada saran dari Hiro-san buat kita semua 😀

Oke jangan lupa ya follow akun social media Hiroaki Kato di @hiroakikato39 ya!