6 Jenis Utama Omamori

Bagi para penggemar dorama atau anime, pasti sudah sangat kenal dengan omamori. Walaupun awalnya belum tahu, tapi setelah melihat gambarnya langsung tahu dong omamori itu apa? Nah, supaya lebih paham tentang benda ini, sebelum membahas 6 jenis utamanya kita bahas terlebih dahulu pengertian dari omamori.

Omamori adalah sebuah jimat pembawa keberuntungan berukuran kecil yang biasa dijual di kuil dan candi. Didedikasikan untuk Dewa Shinto atau tokoh Budha tertentu, dan setiap jimat ini memiliki perlindungan yang berbeda. Berikut ini, adalah 6 jenis utama Omamori yang paling sering dibawa atau dijadikan hadiah:

  • Yaku-Yoke

yaku-yoke

Bisa dibilang, ini adalah jimat penangkal bahaya. Tujuannya adalah untuk menjauhkan kejahatan atau bencana apapun dari pemilik jimat.

  • Kotsu-Anzen

kotsu-anzen

Jimat ini, pada awalnya hanya dimaksudkan untuk keselamatan dalam lalu lintas saja, namun ternyata justru menjadi daya tarik untuk semua metode perjalanan. Hingga akhirnya, jimat ini memiliki fungsi lebih luas, yaitu melindungi pemilik jimat dalam semua jenis perjalanan. Bahkan, All Nippon Airlines (ANA) membuat jimat ini dengan warna biru untuk keselamatan saat perjalanan udara. Pemilihan warna biru ini didasarkan pada warna maskapai. Untuk jimat tersebut, diberikan sebuah label khusus, yaitu koku-anzen yang artinya keselamatan perjalanan udara.

  • Gakugyo-Joju
Baca Juga:  16 Cast Terbaru dari "Touken Ranbu Musical Stage" Siap Meramaikan Pertunjukan!

gakugyo-joju

Jimat ini berfungsi untuk memberikan keberuntungan pada pemilik jimat berkatan dengan pendidikan atau ilmu  pengetahuan. Biasanya, jimat ini dibawa oleh seorang siswa saat sedang mempersiapkan diri untuk ujian.

  • En-Musubi

en-musubi

Jimat ini berfungsi memberikan keberuntungan bagi pemilik jimat untuk hubungan percintaannya, baik yang sedang masa pendekatan, berpacaran, termasuk untuk yang sudah menikah. Bahkan, banyak yang percaya bahwa jimat ini juga mampu membantu seseorang yang masih single untuk menemukanpasangan hidupnya.

  • Shobai-Hanjo

shobai-hanjo

Jimat ini berfungsi untuk memberikan keberuntungan bagi pemilik jimat, berkaitan dengan bisnis. Baik itu bisnis pribadi maupun sebuah perusahaan.

  • Kenko

Kenko

Jimat ini berfungsi untuk melindungi pemilik jimat agar selalu sehat dan dijauhkan dari berbagai penyakit. Selain itu, berfungsi juga untuk membantu agar pemilik jimat ini memiliki umur yang panjang.

 

Source: allaboutjapan