CLAS:H (Cosplay Live Action Show Hybrid) adalah sebuah acara kompetisi cosplay national tahunan yang telah dilangsungkan sejak 2011. Mulai tahun 2017 atau tahun ke-6 ini, CLAS:H resmi bergabung dengan kompetisi ICGP yang memilih perwakilan Indonesia ke ajang World Cosplay Summit sehingga nantinya juara cosplay tingkat nasional akan sekaligus menjadi perwakilan Indonesia ke Nagoya.

Setelah sukses dengan acara CLAS:H BANDUNG pada tanggal 22 Januari 2017 lalu yang bertempat di Gedung Bale Dayang Sumbi, kampus ITENAS, CLAS:H akan melanjutkan ROADSHOW EVENT ke pulau Sumatra, yaitu kota Medan. Sebagai satu-satunya event CLAS:H di Sumatra, CLAS:H Medan tetap akan  mengusung penyisihan kompetisi cosplay tingkat nasional untuk wilayah pulau Sumatra dan pemilihan perwakilan Indonesia untuk Tokyo Game Show Cosplay, dimana wilayah ini dikenal sebagai kiblat cosplayer di Indonesia sebagai konten utama.

Ditambah dengan kehadiran RIKKA dan YUKARI SHIMOTSUKI, cosplayer internasional yang akan membagikan pengalaman dan inspirasinya kepada para peserta dan cosplayer yang hadir disana, dan Lola Zieta, cosplayer cantik asal Yogyakarta yang menjadi perwakilan Indonesia di ajang Tokyo Game Show 2016 lalu.

Selain mengutamakan cosplay,  CLAS:H Medan akan menghadirkan Sokorahen Genki dan Ayana JKT48, keduanya akan didaulat sebagai ketua dan wakil ketua OSIS CLAS:H ACADEMY di semua kota termasuk Grand Final sebagai special host (MC) CLAS:H 2017. Sokorahen Genki adalah komedian asal Jepang yang sangat tertarik dengan kehidupan Indonesia dan sekarang dia tinggal di Indonesia untuk belajar komedi Indonesia dan Ayana JKT 48, salah satu member terbaik JKT 48 yang memiliki segudang talenta hebat.

Kemudian CLAS:H Medan akan kedatangan beberapa bintang tamu pemain musik tradisional Jepang Shamisen, sang pangeran Shamisen Keisuke Ito,  yang pernah hadir di acara festival budaya Jepang terbesar Indonesia, Little Tokyo Ennichisai Blok M dan penyanyi berbakat yang pernah tour di Jepang YUMI Intan Kusuma Dewi, dia pernah melakukan tour di Osaka, Nagoya dan Tokyo, dan tahun ini penyanyi asli Bandung tersebut akan melakukan tour bersama CLAS:H.

Selain beberapa bintang tamu yang hadir, CLAS:H Medan tahun ini juga akan menghadirkan banyak konten-konten yang menarik seperti beberapa kompetisi yang selalu hadir di CLAS:H setiap tahunnya seperti Anisong Karaoke Contest, Anisong Dance Competition dan Seiyuu Contest. Lalu ada CLAS:H Academy Curriculum, sebuah mini game yang melibatkan seluruh pengunjung CLAS:H. Hanya dengan mengumpulkan point dari hasil menyelesaikan tugas yang terdapat dalam buku saku yang di terima oleh seluruh pengunjung CLAS:H.

Para pengunjung berkesempatan untuk mengikuti undian yang akan mendapatkan banyak hadiah menarik. Kemudian akan ada display dari Itasha Indonesia, kendaraan-kendaraan unik dengan stiker anime Jepang. Ada juga kompetisi dan teaching Trading Card Game seperti Yu Gi Oh, Force of Will, Magic the Gathering, dll. Kemudian CLAS:H Game Area yang berisi berbagai macam game online, console yang fun match untuk setiap gamenya. Tidak lupa booth merchandise yang akan meramaikan acara CLAS:H Medan.

 

Spoiler for: Info CLAS:H 2017