©Hidekichi Matsumoto – Kodansha / ©Mutsumi Banno – Shogakukan

Penerbit komik Indonesia, yaitu Elex Media Komputindo, pada hari Jum’at (5/1) telah mengumumkan bahwa mereka telah memiliki lisensi untuk menerbitkan manga Sabage-Bu! (Survival Game Club!) karya Hidekichi Matsumoto dan Shinobi no Kuni (Land of Ninjas) karya Mutsumi Banno di Indonesia.

Sabage-Bu! karya Hidekichi Matsumoto bercerita tentang Momoka Sonokawa, seorang gadis yang di pindahkan ke sebuah sekolah khusus perempuan. Dan iapun memutuskan untuk bergabung dengan klub Sabage-Bu! yaitu sebuah klub yang melakukan permainan survival airsoft.

©Hidekichi Matsumoto – Kodansha

Matsumoto mulai mengarang manga ini pada tahun 2011 dan terbit di majalah Kodansha Nakayoshi dan akhirnya tamat pada Desember 2016. Kodansha telah menerbitkan volume ke 13 dan buku kompilasinya pada April tahun lalu. Manga ini pun telah mendapat adaptasi anime yang telah tayang pada Juli 2014 sebanyak 12 episode dan OVA sebanyak 6 episode.

Artikel Terkait :  Info Lanjut untuk "Persona 4 The Golden Animation"

Shinobi no Kuni sendiri merupakan manga yang diambil dari novel karya Ryou Wada dengan judul yang sama. Novelnya pun telah diadaptasi menjadi sebuah live action film yang telah tayang pada bulan Juli tahun lalu di Jepang. Di Indonesia, tepatnya pada acara Japanese Film Festival pada bulan November, Shinobi no Kuni pun telah ditayangkan.

©Mutsumi Banno – Shogakukan

Shinobi no Kuni bercerita tentang seorang pria pemalas bernama Mumon yang hidup pada suatu zaman yang gemar berkompetisi bersama istrinya. Suatu hari, untuk mendapatkan sebuah hadiah, Mumon pun membunuh seorang shinobi dari provinsi lain yang berbeda marganya. Dia tidak menyadari bahwa perbuatannya menyebabkan peperangan antara pasukan Shinobi dengan pasukan Nobukatsu Oda.

Banno mulai mengerjakan manga ini pada tahun 2009 dan terbit di majalah Shogakukan Weekly Shonen Sunday dan tamat pada tahun 2010.