Japanese Music ID – Yogyakarta, setelah kota Bandung dan Medan, CLAS:H kini menyambangi kota pelajar yaitu Yogyakarta. Kompetisi cosplay berskala nasional ini menyajikan banyak hiburan menarik serta banyak bintang tamu diantaranya cosplayer cantik asal Malaysia, Angie, dan idol grup pujaan anak-anak muda masa kini, JKT48.

Dengan nama-nama bintang tamu yang hadir di CLAS:H Jogja membuat penggemar cosplay maupun budaya Jepang di Daerah Istimewa Yogyakarta dan sekitarnya berbondong-bondong datang ke Jogja Expo Center tempat di mana event ini digelar. Terlihat antrian panjang di tiket box hingga akhirnya tiket benar-benar habis terjual seluruhnya.

10 tim cosplayer bersaing memperebutkan dua tempat sebagai grand finalis yang berhak menuju Jakarta dan kembali berkompetisi di Final CLAS:H nanti yaitu di Jakarta yang bertepatan dengan event Ennichisai. Meskipun semua tim mendapatkan pujian dari kelima juri, namun hanya dua tim yang dapat melaju ke putaran final.

Selain kompetisi cosplay ada juga kompetisi-kompetisi lainnya seperti kompetisi Anidance, kompetisi Seiyuu, kompetisi karaoke Anisong dan masih banyak lagi.

Acara yang ditunggu-tunggu selanjutnya sudah pasti penampilan para bintang tamu. Diawali oleh idol grup lokal Jogja, Momiji Velvet, yang sukses memanaskan panggung yang dilanjutkan oleh penampilan dari sister grup AKB48 yaitu JKT48. Dengan suara dan koreografinya Naomi dan kawan-kawan membuat CLAS:H begitu meriah.

Selepas penampilan JKT48 bukan berarti acara yang dipandu oleh Sokorahen Genki, komedian asal Jepang, dan Ayana JKT48 sebagai MC ini menjadi sepi penonton. Karena para pengunjung masih antusias untuk menyaksikan penampilan selanjutnya yaitu dari penyanyi Indonesia yang sempat tour ke beberapa kota di Jepang yaitu YUMI Intan Kusuma Dewi dan ditutup oleh petikan gitar serta suara merdu dari Hiroaki Kato.

Spoiler for: Para Pemenang

Berikut ini adalah foto-foto keseruan CLAS:H Jogja 2017. Sampai jumpa lagi di CLAS:H tahun berikutnya!

 

Liputan oleh: Bimo Aprilianto/JMusicID Team