Category: Learn Japanese

Yuk Belajar Bahasa Jepang! – Kata Untuk Menunjuk Benda

Hallo minna san, pembahasan kali ini mengenai bagaimana cara untuk menunjuk suatu benda dalam bahasa Jepang. Seperti halnya bahasa Indonesia kata ganti penunjuk benda menggunakan kata “INI” dan “ITU”. Nah berbeda dengan bahasa Jepang, memiliki 3 kata tunjuk benda, yaitu : Kore (これ) = Ini Sore (それ) = Itu Are (あれ) = Itu Mari kita bahas! Kore (これ) = INI Kore (これ) artinya adalah “INI”, biasanya ditunjukan untuk benda yang dekat dengan si pembicara atau subjek. Contohnya : これは____です。(Kore wa ____ desu.; Ini adalah ____) これはかばんです。(Kore wa kaban desu.; Ini adalah tas) Sore (それ) = ITU Sore (それ) artinya adalah “ITU”, biasanya ditunjukan...

Read More

Macam-macam Perbedaan Bahasa Jepang “Aku dan Kamu”

Japanese Music ID – Kali ini mari membahas tentang macam-macam perbedaan bahasa Jepang Aku dan Kamu, jangan sampai minna san salah menempatkan kata yang akan dipakai kelawan bicara kalian ya. Saya – Aku Watashi (わたし/私) artinya adalah “saya” bisa digunakan untuk laki-laki maupun  perempuan, dan biasanya juga digunakan untuk berbicara dengan lawan bicara yang belum terlalu akrab (fleksibel). Atashi (あたし) Biasanya “atashi” digunakan oleh perempuan untuk menunjukan nuansa manis dan imut seorang perempuan. Boku (ぼく/僕) Biasanya digunakan oleh laki-laki, namun tidak boleh digunakan saat lawan berbicaranya lebih tua atau lebih tinggi pangkatnya. Ore (おれ/俺) Biasanya digunakan untuk menunjukkan rasa...

Read More

Yuk Belajar Bahasa Jepang! – Kata Untuk Menunjuk Benda (Bagian 2)

Kemarin kita sudah membahas tentang kata tunjuk benda kore sore are (*kasih link) nah sekarang masuk ketahap selanjutnya, kata tunjuk benda Kono Sono Ano memiliki arti yang sama kono この = INI sono その = ITU ano あの = ITU Apasih perbedaannya dengan Kore Sore Are? Perbedaannya terletak pada penggunaannya, jika Kore Sore Are bisa berdiri sendiri maka berbeda dengan Kono Sono Ano yang tidak bisa digunakan secara tunggal maksudnya kata tunjuk Kono Sono Ano harus diikuti dengan kata lainnya seperti kata benda dll. Pola kalimatnya akan menjadi seperti ini : この (Kono) + kata benda Contohnya : このざっし (Kono Zashhi,; Majalah ini)...

Read More

Apa Sih Bedanya Panggilan ~san, ~chan, ~kun, ~sama dan ~dono?

Onii-chan, onegaii~ | Onee-chan, kissu shiyo~ | Ah! Nii-san / Nee-san, tasukete !! | Ma-chan, kotchi ni kite~ | Oka-san, tabetemitaaaiii~ | Hime-sama, dozo! | Natsu-kun, let’s go! | Yamada-dono, wareware no guntai wa hikuidesu Buat kamu yang suka anime/drama/movie Jepang, pasti pernah denger akhiran kata setelah panggilan nama. Di Jepang ada bermacam akhiran nama yang berbeda-beda yaitu ~san, ~chan, ~kun, ~sama dan ~dono. Dari kata tersebut kamu sudah tahu belum apa perbedaannya? Yuk kita belajar bersama. ~san (さん) : akhiran ini biasanya digunakan kepada yang lebih tua atau orang yang dihormati namun untuk penggunaan ~san  bisa digunakan kepada siapa...

Read More

Yuk Belajar Bahasa Jepang! – Pola Kalimat “wa”

Hallo minna-san kembali lagi dengan pembahasan tentang bahasa Jepang, pada artikel ini akan membahas tentang Pola Kalimat “wa” (は), yuk mari simak penjelasannya. Partikel “wa” (は) berfungsi sebagai penanda subjek pada sebuah kalimat contohnya kaya gini: わたしは Budi です。(Watashi wa Budi desu.; Saya adalah Budi.) わたしはがくせいです。(Watashi wa gakusei desu.; Saya adalah pelajar.) Budiさんはインドネシアじんです。(Budi-san wa, Indonesia-jin desu.; Budi adalah orang Indonesia.) Jadi bisa dilihat penggunaan partikel “wa” (は) itu untuk menjelaskan sesuatu biasanya berupa kata benda dan dalam penggunaan partikel “wa” (は) tidak lepas dari akhiran “desu” (です). Pasti minna-san bingung kenapa pada kalimat わたしは (watashi wa) menggunakan (は;wa) bukan (わ;wa)?...

Read More

Cara Menulis Huruf Hiragana dan Katakana

Hai minna-san kemarin kan sudah membahas tentang huruf Hiragana dan Katanaka, nah sekarang gimana sih cara menuliskannya? penasaran yuk langsung aja simak gambar dan videonya dibawah ini : Nah, tulisan di atas itu ada angka-angkanya bukan? Itu berarti pertama kamu harus lakukan kaya gini, kedua kamu harus lakukan kaya gitu. Okelah daripada bingung, lihat video dibawah ini biar lebih jelasnya 🙂   Gimana? susah gak? engga laaah~ kalau kamu punya niat dan hati yang baik buat belajar Bahasa Jepang 😀 Emang belajar bahasa lain itu gak gampang kaya balik telapak tangan, tapi kalau kamu ada niat, pasti ada jalan...

Read More

Bahasa Jepang yang Disalahartikan oleh Sebagian Orang, wah apa aja tuh?

Hallo minna san~ Pernah tau gak kalimat “ike ike kimochii” ? DAN pasti minna-san langsung memikirkan hal yang tidak-tidak tentang artinya, HAYO JUJUR 😀 Nah pada kesempatan kali ini kita bahas yuk kalimat atau kata apa aja sih yang sering kali disalahartikan oleh sebagian orang, yuk mari simak. Samurai dan Katana Sebagian besar selalu salah mengartikan kata samurai dengan katana. contohnya, “Polisi amankan pemuda pembawa samurai saat tawuran“. nah pada headline berita tersebut kata samurai telah salah diartikan. Samurai adalah perwira militer kelas elit pada masa pra-industri di Jepang. Samurai bekerja untuk majikan atau tuan tanah yang disebut daimyo, sedangkan samurai yang tak memiliki...

Read More
  • 1
  • 2


Get the Flash Player to hear this stream.

We’re available on!