bartender

“hanya ada dua pekerjaan di dunia ini yang tidak akan pernah berbohong, yaitu seorang apoteker dan seorang BARTENDER”

Itulah kata kata mutiara Ryu Sasakura di episode pertama anime “bartender”. Ryu sebagai bartender mengungkapkan bahwa seorang bartender yang sebenarnya adalah yang mampu memahami keinginan customer bukan sekedar menyajikan minuman dan acuh tak acuh pada perasaan customernya.

Bartender sebenarnya adalah anime yang diangkat dari sebuah manga dengan judul yang sama. Karya Araki Joh sebagai penulis cerita dan Kenji Nagatomo sebagai illustrator. Anime bartender berjumlah 11 epsiode sedangkan manga nya rilis dari tahun 2004 hingga tahun 2012 kemarin.

bartender manga

 

Bartender Manga

Bartender menceritakan lika liku Ryuu sasakura sebagai sang bartender terbaik sekaligus legendaris sehingga dijuluki sebagai “Glass of God” oleh para customernya. Walau hanya bekerja sebagai “pelayan minuman” tapi peran ryuu sasakura tidak hanya sebatas menyediakan minuman, tapi sering kali ia terlibat permasalahan pribadi dari para customernya. Setiap masalah yang dihadapi diselesaikan dengan cantik oleh ryuu sebagai bartender, dan seringkali memotivasi kembali para customernya yang seringkali datang ke bar dengan pikiran jenuh, emosi dan frustasi.

Untuk lebih tahu seperti apa 11 episode dari bartender, bisa lihat spoilernya berikut

 

  1. Episode 1 : Bartender

Screenshot-Bartender-Episode-01.avi-2

     Aksi Ryuu Sasakura di epsiode pertama

Episode yang menggugah pemirsa dan menciptakan betapa profesi bartender itu tidak sehina kelihatannya. Disini ryuu sasakura mendapatkan hinaan dari seorang customer yang membenci bar dan bartendernya. Ryuu ditantang untuk membuatkan minuman yang cocok buat sang customer sekaligus menyadarkan bahwa profesi bartender tidaklah seperti yang dipikirkan banyak orang

2. Episode 2 : Menu of Heart

Ryuu didatangi seorang customer wanita bernama Miwa Kurushima. Miwa meminta untuk diberitahu sebuah minuman yang pernah ia pecahkan botolnya saat masih kecil. Minuman itu berharga karena disukai oleh kakeknya dan digunakan sebagai alat konsolidasi antara ayah dan kakeknya dalam rangka modernisasi hotel.

3. Episode 3: Glass Of Regret

Shimaoka, seorang direktur periklanan mendatangi ryuu untuk menyesali kematian orang yang dicintainya, yaitu seorang artis terkenal Mieko Yuzuki. Ryuu memberikan sebuah minuman yang bernama margarita untuk mencoba menghiburnya.

4. Episode 4 : Amber Dream

Kali ini Ryuu menemani dua pasangan yang akan bertemu untuk berkencan. Salah satu pasangan bernama Sayo Yusada sedang menunggu suaminya yang sangat sibuk dengan pekerjaannya. Saat sang suami datang ryuu memberikan pasangan tersebut minuman bernama Amber Dream, minuman tersebut merepresentasikan kehidupan pernikahan yang memang menyita waktu untuk semakin dinikmati keindahannya.

5. Epsiode 5: Things Forgotten in Bar

Seorang customer yang juga seorang salesman datang dengan raut muka sedih karena akan dipindahtugaskan karena dianggap tidak bekerja dengan baik. Ryuu menghiburnya dengan memberikan minuman yang bernama “old man on the Sea” dan menceritakan filosofi minuman tersebut yang menggugah semangat customer itu lagi.

Artikel Terkait :  Video Rekap Dari Seri Pertama Live-Action Rurouni Kenshin

6. Episode 6 : The Story Inside the Glass

Ryuu membantu seorang produser dan seorang director film yang berargumen tentang karya film mereka berikutnya. Keduanya kembali rukun setelah ryuu memberikan minuman bernama Aberdeen Angus.

7. Episode 7: Closed day for The Bar

Ryuu jatuh sakit dan bar terpaksa ditutup, dua orang guru sekaligus senior ryuu dalam hal bartender datang dan tidak sengaja harus melayani customer yang terlanjur datang. Dua customer yang datang adalah seorang poltikus yang terlibat skandal dan seorang lagi adalah pengacara sang politikus. Mereka berdua tidak datang bersamaan, namun berencana untuk bertemu di suatu tempat dan secara tak sengaja mampir di bar eden hall tempat ryuu biasa disana.

8. Episode 8 : The Lie at The Counter

Pada episode ini Ryuu ditantang seorang customer untuk mengenali tiga buah jenis minuman secara acak. Tantangan ini dilakukan karena ryuu tidak senang dengan kebohongan yang dilakukan sang cutomer pada pacarnya. Sang customer yang merasa tersinggung menantang ryuu dengan tantangan tersebut, dan akhirnya ryuu tetap menang walau sang customer sempat mencuranginya.

9. Episode 9 : The Bar’s Face

Menceritakan masa lalu ryuu saat masih menjadi bartender muda dan masih mengikuti seniornya dalam melayani customer. Saat itu seorang customer setia yang selalu datang ke bar selalu membayar dengan harga mahal, padahal saat diselidiki sang customer sebenarnya adalah orang miskin. Ryuu merasa ada yang salah dengan wajah bar pada umumnya dan akhirnya mendorongnya untuk membuat bar sendiri yang memungkinkan semua orang untuk datang tanpa dengan bayaran yang mahal. Karena menurut ryuu, kebahagiaan pelanggan lebih diutamakan.

10. Epsiode 10 : Christmas Miracle

Ryuu menunjukkan kemampuannya dalam meracik minuman bernama black velvet. Menunjukkan sesuatu hal yang ajaib kepada seorang professor ahli fluida bernama okita.

11. Episode 11: Water of Life

Episode terakhir bartender, dimana ryuu pada akhirnya pensiun sebagai bartender. Cukup misterius sebenarnya alasan ryuu untuk berhenti menjadi bartender. Di episode ini diundang pula dua orang senior ryuu sebagai ucapan perpisahan atas pensiunnya ryuu sebagai bartender.

bartender last eps

Ryuu Sasakura Bersama dua Seniornya merayakan perpisahan mereka sebagai bartender

satu lagi anime dengan tema kehidupan real yang bisa dinikmati oleh semua penikmat anime, sekaligus mengenal lebih dekat dunia bartender yang seringkali negatif di pikiran kita. untuk yang belum tahu dimana bisa melihat anime ini, bisa dijumpai di youtube lengkap dari episode awal sampai akhir.