Sudah pernah menonton anime ini?
Anime ini bisa kita jumpai di youtube. “5cm per second” diproduksi oleh comix wave dan digarap dengan cukup baik oleh makoto shinkai sebagai kreatornya. Terbagi menjadi tiga bagian cerita utama, setiap bagian cerita tetap berhubungan satu dengan yang lain.

5cm per second mengisahkan kisah cinta takaki dan akari. Bagian pertama dari cerita mengisahkan takaki yang harus terpisah dari akari karena berpindah sekolah ke tochigi. Lama mereka tak bertemu dan hanya berkomunikasi lewat surat. Suatu hari takaki juga akan berpindah sekolah ke kagoshima, sebelum berpisah lebih jauh mereka berdua memutuskan untuk bertemu sekali lagi di tochigi di musim dingin. Mereka berjanji, akan tetap saling menghubungi lewat surat dan telepon walau pada akhirnya hal itu tidak pernah terjadi.
Di bagian kedua cerita adalah kisah Takaki di sekolah barunya di kagoshima, takaki yang masih mencintai akari tidak bisa menghubungi akari lagi. Sedangkan teman sekelas takaki di kagoshima, kanae diam diam mencintai takaki. Konflik batin kanae terjadi karena perasaannya pada takaki tidak pernah terbalas, sedangkan takaki tak pernah menganggap kanae lebih dari seorang teman.
Sejatinya kisah yang diangkat memang cukup lumrah dikalangan anak muda, namun makoto shinkai membungkusnya  dengan berbeda dari anime lain. Narasi diisi mengiiringi alur cerita, membawa pemirsanya untuk ikut mengalir dan terbawa suasana tokoh utama. Kesan haru semakin terasa saat soundtrack “one more time one more chance” dari Yamazaki Masayoshi mengalun di akhir cerita. Sebuah karya anime yang berebeda dari anime lain, recommended untuk yang ingin tahu bahwa tak semua kisah cinta harus berakhir bahagia 😀
Artikel Terkait :  Cekidot Trailer Terbaru Kompilasi Film "Attack on Titan" Kedua