sword-art-online

Virtual Reality memang sedang ramai dibicarakan, teknologi satu ini memungkinkan manusia untuk melakukan berbagai kegiatan dalam dunia virtual. Misalnya menonton film, praktek kedokteran dan juga bermain game. Banyak pakar teknologi yang memprediksikan bahwa nantinya, teknologi VR akan setara dengan smartphone yang ‘seolah’ wajib dimiliki manusia. Melihat potensi tersebut, para perusahaan teknologi dan developer game berlomba-lomba menghasilkan produk terbaik mereka. Jepang, salah satu negara termaju dalam bidang teknolongi, tengah mempersiapkan berbagai game anime untuk perangkat virtual reality. Apa saja game tersebut? Berikut di antaranya!

1. Sword Art Online: The Beginning Project

1-sword-art-online-the-beginning-project

Image by kinja

Bulan Februari lalu, IBM mengumumkan bahwa mereka tengah berusaha mewujudkan dunia virtual reality Sword Art Online. IBM mengatakan bahwa nantinya para gamer akan bisa benar-benar masuk dan bermain di dunia tersebut secara virtual reality. Proyek yang mereka beri nama ‘Sword Art Online: The Beginning’ ini akan menggunakan teknologi komputasi baru yang bernama Cognitive System. Cognitive System sendiri merupakan teknologi yang dapat mensimulasikan bagaimana pemikiran manusia dibuat dalam model komputerisasi. Untuk memfasilitasi hal tersebut, IBM juga menyertakan cloud system dengan performa tinggi, serta SoftLayer yang nantinya akan memberikan suasana dari dunia nyata ke dalam game.

Kabar baiknya, IBM mengatakan bahwa game ini tidak akan dimainkan menggunakan kontroler, melainkanprototype utilizes yang dapat mengontrol gerakan tubuh dalam permainan. Jadi, kamu dapat beraksi menggunakan tubuhmu sendiri dalam dunia virtual reality-nya.

2. Kokaku Kidotai Gekijo-ban

2-kokaku-kidotai-gekijo-ban

Image by hummingbird

Production I.G, sebuah studio animasi di Jepang mengumumkan bahwa mereka tengah mempersiapkan berbagai proyek terkait dunia virtual reality. Salah satu contohnya adalah aplikasi terbaru mereka yang bernama ‘Kokaku Kidotai Gekijo-ban Virtual Reality Driver’. Aplikasi yang diangkat dari anime Ghost in the Shell ini menampilkan layar setinggi 6 meter dan berbentuk bola dunia yang dapat langsung digunakan oleh beberapa orang sekaligus.

Baca Juga:  Game "Mobile Suit Gundam: Extreme vs. 2" Akan Rilis di Tahun Ini

Selain aplikasi, diumumkan juga bahwa Kokaku Kidotai Gekijo-ban sedang dalam tahap pembuatan versi game VR-nya. Beberapa pengembang seperti Asia Nobumichi, Toshiyuki Takahei dan Satori Itoya dikabarkan tengah menangani proyek virtual reality ini. Sayangnya, sampai artikel ini ditulis belum ada informasi apapun terkait kelanjutan proyek ataupun tanggal rilisnya.

3. Senran Kagura: Peach Beach Splash

Image by gematsu

Image by gematsu

Marvelous mengumumkan bahwa game Senran Kagura: Peach Beach Spalsh akan segera bisa dimainkan dalam versi VR. Seperti judulnya, game ini menantang player untuk bermain pistol air dan menembaki musuh. Beberapa jenis senjata yang sudah dikonfirmasi akan hadir dalam game ini adalah dual pistol, gatling gun dan sniper rifle.Menariknya, setiap karakter dapat menggunakan kartu khusus yang menambah kemampuan spesial pada senjata-senjatanya.

Game ini akan rilis di Jepang pada tanggal 16 Maret 2017 untuk PlayStation 4. Sedangkan untuk versi VR-nya belum bisa dipastikan. Oh ya, perlu dicatat bahwa game ini tidak boleh dimainkan oleh anak-anak. Konten dalam game ini dirancang untuk gamer dewasa.

Itulah beberapa game dalam anime yang akan segera hadir dalam format VR. Jika kamu ingin mencoba perangkat virtual reality terbaru, kamu bisa datang ke acara Colony Collection Market: Toys & Games yang akan dilaksanakan di Jakarta Convention Center pada tanggal 3-4 Desember 2016. Di acara tahunan yang diselenggarakan oleh Colony ini, selain dapat berburu mainan, kamu juga dapat bertemu dengan tokoh-tokoh ikonik di dunia toys & games, mengikuti berbagai kegiatan seru seperti kompetisi cosplay, rare item auction, games virtual reality yang sedang hits.

 


Artikel ini didukung oleh Colony.co.id